Pengembangan Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan di Sekolah Dasar Negri Jatipuro 2

Ika Rahmawati, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan kepribadian anak di sekolah dasar, dan bagaimana kepribadiannya terbentuk melalui pembiasaan kegiatan keagamaan. Sifat dan pendekatan penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data diidentifikasi melalui wawancara terhadap guru kelas, guru pendidikan agama Islam, dan siswa. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa karakter yang dikembangkan pada siswa adalah ketaqwaan, keikhlasan, kejujuran, sopan santun, gotong royong, cinta kepada Nabi, kebersihan, daya saing, dan bersyukur. Doa sebelum dan sesudah belajar, melaksanakan shalat dhuha dan zuhur berjamaah, membaca Juz am’ma, Asmaul Husna, dan membayar Infaq, menjadi rutinitas di Sekolah Dasar. Adapun pembiasaan 5S : Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, dan pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan seperti bermain rebana, membaca dan menulis Al-Quran, serta memperingati hari besar Islam.


Keywords


Pengembangan Karakter; Kegiatan Keagamaan; Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Efendiy, K. (2018). URGENSI INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER OLEH MASYARAKAT UNTUK MENCEGAH KENAKALAN ANAK. 20.

Lizawati, L., & Uli, I. (2018). Implementasi nilai pendidikan karakter dalam sastra lisan di IKIP PGRI Pontianak. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(2), 140. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2911

Miles, & Huberman. (2014). Analisis Data Kualitatif. UI Press.

Norianda, N., Dewantara, J. A., & Sulistyarini, S. (2017). INTERNALISASI NILAI DAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH (Studi Budaya Sekolah Jumat Berkah). WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 5(1), 45–57. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.01.4

Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M.Pd. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter. PT Bumi aksara.

Santoso, A. (2012). NAFAS KREATIF-INOVATIF-AKTIF (KIA) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Universitas Indonesia (UI -Press).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.