Keefektifan teori Lev Vygotsky tentang Zone of Proximal Development (ZPD) terhadap Proses Perkembangan Keterampilan Kognitif pada Siswa Kelas II di SDN 03 Taman Kota Madiun

Saskia Zharifah Hasmara Dheta, Anggun Rahma Dani, Heny Bagus Arifin, Examia Yanuar Rohma, Scania Dhani Ardhea

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teori Lev Vygotsky tentang Zone of Proximal Development (ZPD) terhadap proses perkembangan keterampilan kognitif pada siswa kelas II di SD Negeri 03 Taman, Madiun. Metode yang digunakan adalah deskriptif  kualitatif. Sempel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II di SD Negeri 03 Taman, Madiun Tahun Pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan sempel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan keefektifan teori Lev Vygotsky tentang Zone of Proximal Development (ZPD) terhadap proses perkembangan keterampilan kognitif pada siswa kelas II di SD Negeri 03 Taman, Madiun Tahun Pelajaran 2023/2024 hal ini ditunjukkan dari hasil wawancara dan observasi banyaknya responden berpendapat bahwa interaksi sosial dapat meningkatkan proses perkembangan keterampilan kognitif pada siswa.

Keywords


Perkembangan Keterampilan Kognitif; Teori Zona Pembangunan Proksimal (ZPD); Interaksi Sosial dalam Pendidikan; Scaffolding.

Full Text:

PDF

References


Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Zydney, J.M. (2012). Scaffolding. In: Seel, N.M. (eds) Encyclopedia of the Sciences of

Learning. Springer, Boston, MA.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014. Qualitative Data Analysis, A

Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep .

Rohindi Rohidi, UI-Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.