Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Genially pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN 01 Jiwan

Haula Al Anbiya, Sri Lestari, Sri Budyartati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi tantangan penyampaian materi pada mata pelajaran IPAS, yang menyebabkan kurangnya minat dan partisipasi aktif siswa, dengan menerapkan model pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang dibantu oleh media interaktif Genially.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data Miles & Huberman, mengumpulkan data dari guru, siswa, dan dokumen kegiatan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa PBL pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD efektif dalam mendukung pembelajaran dengan melibatkan siswa secara aktif, terbukti dengan peningkatan keterlibatan siswa dan kemudahan pemahaman materi melalui penggunaan media Genially.


Keywords


Pendidikan sekolah dasar; IPAS; Problem Based Learning; Genially.

Full Text:

PDF

References


Enstein, J., Juliani, K., Neno, T., & Tanggur, F. S. (2022). PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT MONOPOLI BUDAYA NTT MENGGUNAKAN GENIALLY (Vol. 1).

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Haryanti, Y. D. (n.d.). Model problem based learning membangun kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. In Jurnal Cakrawala Pendas (Vol. 3).

Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Man, P. DI, & Rony Zulfirman, M. (n.d.). IMPLEMETASI METODE OUTDOOR LEARNING DALAM. Pendidikan Dan Pengajaran |, 3, 2022. http://dx.doi.org/10.30596%2Fjppp.v3i2.11758

Mina Listiana, Mike Herlinawati, & Muhammad Rifki Supyadi. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Animasi dan Simulasi Interaktif Pada Pembelajaran IPAS. Jurnal Lensa Pendas, 9(1), 29–35. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i1.3547

Mudrikah, A., Muhammadiyah, S. D., Khusus, P., & Boyolali, A. (2020). Workshop Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar SHEs: Conference Series 3 (4) (2020) 1-6 Problem Based Learning as Part of Student-Centered Learning. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Suhelayanti, dkk. (2023). Buku-Referensi-Pembelajaran-Ilmu-Pengetahuan-Alam-dan-Sosial-IPAS.

Sofyan Susanto-Efektifitas Small Group Discussion Dengan Model Problem Based Learning. (2020).

Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh penggunaan media bervariasi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas xi ips sma negeri 2 jember tahun pelajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 103. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6454

Zuriati, E., & Astimar, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas IV SD (Studi Literatur).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.