Penggunaan media Kahoot! Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas V SDN 02 Josenan.

Rocky Aldona, Heny Kusuma Widyaningrum, Siti Khuzaimah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dunia Pendidikan yang sangat membutuhkan inovasi penggunaan media pembelajaran agar peserta didik lebih antusias dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengingkatan hasil belajar peserta didik setelah digunakan media pembelajaran Kahoot! pada proses belajar-mengajar pada pembelajaran Matematika peserta didik kelas V SDN 02 Josenan Kota Madiun. Teknik pengumpulan data dengan menjalankan tes dan observasi. Objek penelitian ini peserta didik kelas V SDN 02 Josenan dengan jumlah 30 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 02 Josenan pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan media Kahoot! yakni pada siklus I 85%, pada siklus II 100%


Keywords


Hasil Belajar, Kahoot!, Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian

Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal On

Education, 1(2), 382–389.

Garza, M. C., Olivan, S., Monleón, E., Lamiquiz-moneo, S., Cisneros, A. I., Ochoa, I., &

Whyte, J. (2023). Pertunjukan di Kahoot ! kegiatan sebagai prediksi kinerja ujian. 1–8.

Haryati, T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Model Belajar Sambil

Bermain Perbantuan Media Monopoli (PTK Matematika Kelas III SD Negeri

Nyimplung Tahun 2017). Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 02(01), 187–

Hidayat, I., Supriani, A., Setiawan, A., & Lubis, A. (2023). Implemantasi aplikasi kahoot

sebagai media pembelajaran interaktif dengan siswa SMP negeri 1 Kunto Darussalam.

Journal on Education, 6(1), 6933–6942.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik)

Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling

(JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Leni, M., & Sholehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten

Sorong. Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 66–74.

https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/download/952/582

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar

terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76.

https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499

Permana, N. S. (2021). Implementasi Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran

Berbasis Game Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Katolik. JPAK: Jurnal Pendidikan

Agama Katolik, 21(2), 128–135. https://doi.org/10.34150/jpak.v21i2.334

Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif

Problematika Pembelajaran Dengan Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel

Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah

Medan. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 121–128.

https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.632

Sakitri, G. (2021). “Selamat Datang Gen Z, Sang Penggerak Inovasi!” Forum

Manajemen, 35(2), 1–10.

Santos-jaén, E. O. J. M., & Marín-hernández, S. (2023). university. 12671–12686.

Simaremare, R. (2009). Teknologi Informasi dan Dunia Pendidikan. 1–9.

Sukmawati, Jamaluddin, Wahida, P., Wanda, Fahril, Minarni, Mudatsir, M., Nurhikma,

Rifky, M., & Rahmayani, A. (2022). Pemanfaatan Media ICT “Kahoot” Sebagai Inovasi

Media Pembelajaran PKn. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 770–777.

Wigati, S. (2019). Penggunaan Media Game Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Dan

Minat Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,

(3), 457–464. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2445

Yulianti, A., & Ekohariani. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game

Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Mata Pelajaran Komputer Dan

Jaringan Dasar. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(1), 527–533.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38272


Refbacks

  • There are currently no refbacks.