Pembiasaan Literasi Sebagai Tindak Lanjut Gerakan Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa SD

Ratih Putri Amborowati, Suyanti Suyanti, Eka Nofri Ari Yanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan mengenai pembiasaan literasi sebagai tindak lanjut Gerakan literasi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa kelas VI SDN 02 Nambangan Kidul. Metode pada penelitian metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Studi kasus yaitu pendekatan yang digunakan untuk mempelajarai suatu permasalahan atau keadaan, serta interaksi lingkungan yang bersifat aktual. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembiasaan literasi berdampak pada peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI Sekolah Dasar. Pentingnya kemampuan membaca  pemahaman merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Serta solusi guna mengatasi kendala yang dihadapi oleh guru pada saat pembiasaan literasi di sekolah.


Keywords


Literasi; Kemampuan Pemahaman; Siswa

Full Text:

PDF

References


Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336–2344. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/836

Nur Alfiana, D. R., Nurazizah, R. A., & Arviana, V. (2023). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Landungsari. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 8(1), 7–15. https://doi.org/10.47435/jpdk.v8i1.1641

Pratama, A. (2022). 545-Article Text-3857-2-10-20220722. In Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar.

Sari, R. N. R., Rukayah, & Mujahidah. (2022). Hubungan Gerakan Literasi Sekolah Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Tinggi. Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 25–30.

Sudarwan Danim. (2013). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Percetakan Alfabeta

Sulikhah, S., Utomo, S., & Santoso, S. (2020). Pengaruh Teknik Survey Question Read Reflect Recite Review (Sq4R) Dan Teknik Skema Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Sd Negeri Kelas Iii Di Kecamatan Karanganyar Demak. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 365–385. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4752

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. 3, 26–31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.