Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kemampuan Literasi Sains Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN Se-Nambangan Lor Kota Madiun

Rifqi Hamim Ikhsani, Octarina Hidayatus Sholikhah, Candra Dewi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan literasi sains yang harus dikuasai oleh anak pada masa sekarang. Maka dari itu dilakukan penelitian yang mengukur kemampuan literasi sains siswa dengan menggunakan model PBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media mind mapping terhadap kemampuan literasi sains siswa di SDN se-Nambangan Lor Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan memakai jenis penelitian quasi eksperimen dan menggunakan desain pre-test post-test control group design. Penelitian dilakukan di SDN 01 Nambangan Lor. Data dikumpulkan dengan cara mengambil nilai dari nilai UAS  IPAS semester 1 dan nilai post-test. setelah data terkumpul kemudian data diuji normalitas, homogenitas, keseimbangan, dan hipotesis. Pada penelitian ini hasil uji menunjukkan p-value (sig.) yaitu 0,000 yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media Mind Mapping terhadap kemampuan literasi sains pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 5 SDN Se-Nambangan Lor Kota Madiun.


Keywords


Literasi Sains; Problem Based learning; Mind mapping

Full Text:

PDF PDF

References


Aprinawati, Lis. 2018. “Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 2(1):140–47.

Arohman, Mamat, Saefudin, and Didik Priyandoko. 2016. “Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Pembelajaran Ekosistem.” Proceeding Biology Education Conference 13(1):90–92.

Asra, Mutiara zenitha, and Reinita. 2023. “Efektivitas Media Mind Mapping Menggunakan Powerpoint Di Sekolah Dasar.” Journal of Education Action Research 7(4):501–7. doi: 10.23887/jear.v7i4.69490.

Fadilla, Tiara Ady, and Indra Fardhani. 2023. “Analisis Kebutuhan Mengenai Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Suhu Dan Perubahannya.” Proceeding of Life and Applied Science 1:344–51.

Hotimah, Husnul. 2020. “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi 7(3):5–11.

Kurniawati, Kurniawati, and Nur Hidayah. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Blended Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains.” Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi 6(2):184–91. doi: 10.37058/bioed.v6i2.3090.

Mubarok, Hasan, Moh Umar Aliansyah, Sofiyatun Maimunah, and Dan Magfirotul Hamdiah. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Di Pesantren Ainul Hasan.” Jurnal Nasional Indonesia 1(7):119–24.

Munasti, Kholida, Hibana Hibana, and Susilo Surahman. 2021. “Penggunaan Mind Mapping Sebagai Media Pengembangan Kreativitas Anak Di Masa Pandemi.” Aulad: Journal on Early Childhood 4(3):179–85. doi: 10.31004/aulad.v4i3.104.

Munawaroh, Siti, Surahmat, and Abdul Halim Fathani. 2019. “Kemampuan Penalaran Dan Pemecah Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran (AIR) Menggunakan Media Mind Mapping Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP Shalahuddin Malang.” JP3 14(8):91–99.

OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework : Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing.

Putri, Novia Cahyani, Sri Budyartati, and Lingga Nico Pradana. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Literasi Sains IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Prosiding Konferesi Ilmiah Dasar 4:1096–1101.

Suardana, Putu. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru.” Journal of Education Action Research 3(3):270–77.

Sutrisna, Nana. 2021. “Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Di Kota Sungai Penuh.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(12):2683–94.

Tamam, Abdulloh, and Heru Subrata. 2022. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Literasi Sains Pada Siswa Sekolah Dasar: Literatur Review.” Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) 8(4):2656–5862. doi: 10.36312/jime.v8i4.4092/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME.

Thomson, Sue, Lisa Jean De Bortoli, and Catherine Underwood. 2017. PISA 2015 : Reporting Australia’s Results. 1st ed. Victoria: Australian Council for Educational Research Ltd .

Yuliati, Yuyu. 2017. “Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Cakrawala Pendas 3(2):21–28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.