Evaluasi Pembelajaran Kognitif Kelas 1 SDN Ngadirejo 01

Dinda Putri Puspasari, Ferdy Aditya Priantama, Putri Ngamilul Maqfiroh, Retno Dwi Andani, Rita Rianti, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kognitif peserta didik kelas 1 SDN Ngadirejo 01. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi antara responden dan pemateri dimana terdapat sebanyak 16 siswa dan 5 orang pemateri dikelas 1 SDN Ngadirejo 01, Desa Ngadirejo, Kec. Wonoasri, Kab. Madiun. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Berdasarkan pengujian data kuantitatif menunjukkan bahwa 5 dari 16 anak kurang aktif dalam pembelajaran. 2). Berdasarkan pengujian kedua, untuk keterampilan menulis anak kelas 1 sudah cukup baik. 3). Berdasarkan pengujian ketiga, 3 dari 16 anak masih belum bisa membaca. Dari data yang kita dapat, ditemukan bahwa faktor yang mempengaruhi anak belum dapat membaca dengan baik yaitu: 1. kemampuan motorik anak yang lemah. 2. Visual memori yang lemah. 3. minat dan motifasi belajar anak rendah. 4. Kurangnya motivasi membaca serta kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar seperti keluarga. 5. Keterbatasan anak dalam keterampilan dasar membaca seperti mengenali huruf, memahami dan menggabungkan bunyi menjadi kata -kata.


Keywords


Perkembangan Kognitif; Observasi; responden

Full Text:

PDF PDF PDF

References


Naimah, S. W. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Gambar terhadap Pekembangan Kognitif Anak Usia Dini Kelas B Di Tk Kuncup Mekar Sluke Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Mawarensa, I. A. (2022). Analisis Kemampuan Menulis Permulaan Kelas 1 Sd Negeri 3 Sulahan. Jurnal Pendidikan Deiksis, 4(2), 5-9.

Salo, E. S. (2023). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB SISWA KURANG AKTIF DALAM PEMBELAJARAN KELAS IV SD NEGERI 06 SESEAN. PROSIDING UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA, 3(2), 13-18.

Yanti, S., Matsum, J. H., & Asriati, N. (2014). Pengaruh Penguasaan Konsep Ekonomi Dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Pola Perilaku Konsumsi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(12).

Rofi’a, N. A. (2024). KONSEP PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DI TINGKAT SD. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 817-822.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.