Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 03 Klegen Kota Madiun

Nugroho Romdhoni, Ninik Endrawanti, Yudi Hartono

Abstract


85%. Pada aspek keterampilan juga menunjukkan adanyapeningkatan skor pada siklus I, rata-rata skor mencapai 65,6 dengan 1 kelompok tuntas dan 3 kelompok tidak Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan di SD Negeri 03 Klegen Kota Madiun dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning mata pelajaran IPA kelas VI berjalan dengan lancar. Ini dibuktikan dengan peningkatan hasilbelajar aspek kognitif dan keterampilan. Peneliti menggunkan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) dilaksanakan 2 siklus dengan 1pertemuan setiap siklusnya. Peneliti ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjuukkan kenaikan nilai dari siklus I ke siklus II Hal initerlihat pada perkembangan skor aspek kognitif pada siklus I yang memperoleh skor rata- rata 68,5 dengan jumlah siswa tuntas 10 dan 10 siswa yang tidak tuntas. persentase ketuntasan belajar mencapai 50%. Siklus II peningkatan skor terlihat pada rata-rata skor menjadi 84,5 dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 17 orang dan tidak tuntas sebanyak 3 orang dengan persentase ketuntasan belajar mencapai mencapai 25%. Siklus II

memperoleh skor rata-rata 84,3 dengan 4 kelompok telah tuntas pada indikator yang ditentukan dan mencapai ketuntasan 100%


Keywords


problem based leearning; hasil belajar; IPA.

Full Text:

PDF

References


Annurahman. (2014). Belajar dan Pembelajaraan. Bandung: Alfabeta.cv.

Aryani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembealajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353–361..

Cahyani, Ni Made Sistha., & Suniasih, Ni Wayan. (2022). Media Pembelajaran Intearktif Berbasis Kontekestual pada Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V SD. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.6( 1 ).

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembeleajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), hal40-47.

Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat UndangUndang No.

20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Edutech. 2(1)

Hasanah,U.Sarjono., & Hariyadi,A.

(2021). Pengaruh Model Probelem Based Leearning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP taruna Kedung Adem. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal,7(1).

Hariyandani, Ni Kadek Yuni., Gusti Ayu Desy Wahyuni., & Made Adi Nugraha Tristaningrat. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD 2 (1).

Kunandar. Langkah Mudah Penelitian TindakanKelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers (2011), hal. 276.

Mayshandy, M, F., Mahardika, I, K., & Budiarso, A, S. (2021). Pengaruh Model Probelem Based Learning Disertai PetaKonsep Terhadap Hasil Belajar IPASiswa SMP Kelas VII Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan Vol VII No 11.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar- RuzzMedia

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Manajemen, Pendekatan Kuantitatif, Kualitaitif, Kombinasi, PenenlitianTindakan, Penenltian Evaluasi. Bandung Alfabeta CV.,

Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Model Problem Based Learning (PBL). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Syamsidah, & Suryani, H. (2018) Model Probleme Based Learning (PBL).

Yogyakarta. CV Budi Utama.

Sutrisno, Leo, Dkk (2008). Pengembagan Pembelajran IPA SD. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. Tampubolon, S.M.(2014). Penelitian

Tindakan Kelas. Erlangga.

Umami, R., Pasaribu, M., & Rede, A. (2015) Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpress Bajawali Kecamatan Lariang Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online 3.(2).

Wisduawati, A., & Sulistiyowati, E. (2017). Metodologi Pembeljaaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.