Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Media Papan Bergambar Kelas 3 Di SDN 01 Nambangan Kidul

Novia Nanda Kurnia Putri, Dewi Tryanasari, Vivi Rulviana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dengan menggunakan media papan bergambar yang dapat mempengaruhi anak lebih senang dalam mengikuti pembelajaran berlangsung. Siswa kurang menarik di dalam pembelajaran yang tidak menggunakan media yang sangat menarik. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui keterampilan berbicara pada anak sekolah dasar. Keterampilan berbicara sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu study literatur review. Study literatur review yaitu suatu penulisan menggunakan kajian informasi yang digunakan dalam mengumpulkan suatu informasi yang ada di buku, jurnal, buku,dll. Penulisan artikel ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil kajian pustaka dan hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan media papan bergambar siswa dapat meningkatkan keterampilan berbicara, dan memiliki kategori sedang, layak, dan mendukung pada saat pembelajaran berlangsung, khususnya di Sekolah Dasar. Implementasi pada penelitian ini, guru dapat menerapkan dengan menggunkan media papan bergambar pada proses pembelajaran berlangsung agar dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak di sekolah dasar khususnya di kelas 3.

Keywords


Media pembelajaran; Papan Bergambar; Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Diana, Mega Wikan, dan Chairiyah Chairiyah. 2021. “Pengembangan Media Papan Kartu Bergambar Pada Pembelajaran Tematik Muatan Ppkn Siswa Kelas Ii Sd.” TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 7(2).

Dwi, Doni. 2022. “sebesar 6.397 dan t.” 11(1).

Harianto, Erwin. 2020. “Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 9(4): 411–22.

Margareta, Nancy. 2023. “Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema 6 Energi Dan Perubahannya Subtema 1 Sumber Energi Kelas 3 Sd Negeri 2 Bangoan.” e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar 10(1): 121.

Nurwida, Martin. 2016. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Story Tellyng Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Guru “COPE” 20(2): 1–8.

Tustiantina, Diana. 2017. “Prinsip Kesantunan Dan Keberhasilan Keterampilan Berbicara.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.