Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Model Project Based Learning Dalam Kurikulum Merdeka

Novi Aning Sri Astuti, Ibadullah Malawi, Nur Samsiyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran dengan model Project Based Learning pada kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan kajian pustakaan. Penelitian ini menganalisis artikel yang berasal dari Google Scholar, dengan rentang waktu 5 tahun terakhir. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh beberapa artikel yang kemudian disaring berdasarkan kriteria dan didapat 5 artikel yang digunakan dalam penelitian. Setiap artikel dianalisis berdasarkan hasil penelitian. Hasil dari analisis artikel ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Secara umum ada tiga tahapan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning pada kurikulum merdeka yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi.


Keywords


Kajian Pustaka; Model Project Based Learning; Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


7683-Article Text-36791-1-10-20230627. (n.d.).

8091-Article Text-33997-1-10-20230609. (n.d.).

Alimuddin, J. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR IMPLEMENTATION OF KURIKULUM MERDEKA IN ELEMENTARY SCHOLL. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (n.d.). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Artikel 4. (n.d.).

Daniel, F. (n.d.). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Saintifik.

Dwi Kumalasari, O., Samsiyah, N., Pujiati, W., & Pilangkenceng, S. N. (n.d.). IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR KELAS III SD N PILANGKENCENG 01 MADIUN.

Hartini, A. (n.d.). ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.

Manalu, J., & Harapan, S. P. (2022). PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK: PIJAKAN KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR. Jurnal Pengajaran Dan Riset, 02(01), 129.

Martati, B. (n.d.). PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. https://ditpsd.kemdikbud.go.id

Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran (Vol. 4).

Puspitasari, V., Wahyuni, A., Fpip, P., & Sidoarjo, U. M. (n.d.). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar ANALISIS PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS 4 DENGAN KURIKULUM MERDEKA.

Ragil Tri Wahyuning Cahya, T., & Samsiyah, N. (n.d.). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Rico Ardiansyah, D. N. A. E. H. M. K. S. (2023). PEMBELAJARAN PJBL PADA MATERI IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 360–365.

Triastuti, S., Arvan Junaidi, I., & Ayu, I. R. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di SDN 02 Trans Bangsa Negara. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 14330–14339.

Usoh, E. J., Pontoh, S., Kaparang, M. W., & Kumajas, V. N. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan Dasar. Journal of Sociology Research and Education, 5(1). https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9211

Wahyuni, S. A., Destrinelli, D., & Wulandari, B. A. (2023). Analisis Penerapan Project Based Learning dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 8(1), 31–39. https://doi.org/10.22437/jptd.v8i1.24889


Refbacks

  • There are currently no refbacks.