Studi Literatur: Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa

Nafira Salsabila, Fida Rahmatika Hadi, Tiara Intan Cahyaningtyas

Abstract


Penelitian ini mengkaji beragam literatur pembelajaran dengan basis Project Based Learning (PjBL) terhadap ketrampilan berpikir kreatif siswa, selaras dengan tantangan Era Jaman sekarang bagi Indonesia, Terutama dalam sektor Pendidikan adalah untuk membentuk generasi muda yang memliki kemampuan berpikir kreatif, mampu menyelesaikan masalah, bijaksana dalam pengambilan keputusan, dan yang paling penting mampu bekerja dalam lingkup kelompok ataupun individu. Penelitian ini menggunakan metode studi Pustaka, di mana data didapatkan dari hasil analisis beberapa artikel yang membahas tentang pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek memiliki dampak yang signifikan terhadap ketrampilan berpikir siswa. Setelah mengikuti pembelajaran berbasis proyek, siswa mampu berpikir dengan lancar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh secara signifikan terhadap ketrampilan berfikir kreatif siswa

Keywords


Model Pembelajaran PjBL; Ketrampilan Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Amri, A., & Muhajir, H. (2022). Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Secara Daring. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 6(1), 21–29.

Ashriah, S. (2020). Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik yang Diajar Melalui Model Pembelajaran Pjbl dan Model Konvensional Materi Pencemaran Lingkungan. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Cho, J. Y. (2017). An investigation of design studio performance in relation to creativity, spatial ability, and visual cognitive style. Thinking Skills and Creativity, 23, 67–78.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fatimah, S. (2016). The effect of project based science learning on pgsd students’ creative thinking ability. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 100–105.

Filsaime, D. K. (2008). Menguak rahasia berpikir kritis dan kreatif.

Fitri, M. (2020). Penerapan model pembelajaran quantum learning di lembaga pendidikan anak usia dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 40–51.

Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., Taufik, M., & Herayanti, L. (2019). Project-based learning on media development course to improve creativity of prospective physics teacher. AIP Conference Proceedings, 2194(1).

Hasan, R., Irwandi, I., & Fitriani, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Di Sma Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 1(1).

Helmiati, W., Mering, A., & Fretisari, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Seni Tari Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(12).

Kagermann, H., Lukas, W.-D., & Wahlster, W. (2011). Industrie 4.0: Mit dem Internet der Dinge auf dem Weg zur 4. industriellen Revolution. VDI Nachrichten, 13(1), 2–3.

Kono, R. (2016). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep biologi dan keterampilan berpikir kritis siswa tentang ekosistem dan lingkungan di kelas x sma Negeri 1 Sigi. JSTT, 5(1).

Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241–251.

Milla Minhatul Maula, M., Jekti Prihatin, P., & Kamalia Fikri, F. (2014). Pengaruh model PjBL (Project-based learning) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi pengelolaan lingkungan.

Nita, R. S., & Irwandi, I. (2021). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui model project based learning (PjBL). Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 231–238.

Santoso, B. P., & Wulandari, F. E. (2020). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek dipadu dengan metode pemecahan masalah pada keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA. Journal of Banua Science Education, 1(1), 1–6.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53.

Suryaningsih, S., Nurwalidainismawati, N., & Ramdani, N. (2023). Application of the Project Based Learning Model Assisted by Talking Sticks to Improve Students’ Creative Thinking Abilities in Science Subjects. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(4), 3340–3347.

Wahida, F. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Parigi. JSTT, 4(3).

Wahyu, R. (2016). Implementasi model project based learning (pjbl) ditinjau dari penerapan kurikulum 2013. Jurnal Tecnoscienza, 1(1), 49–62.

Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa SMP pada pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 47–58.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.