Penerapan Media Smart Card Terhadap Kemampuan Kognitif Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar

Nabila Mauludfi, Hendra Erik Rudyanto, Fida Rahmantika Hadi

Abstract


Hasil observasi yang dilakukan di SDN 3 Tanjung di temukan permasalahan pada penurunan nilai siswa kelas IV pada pembelajaran IPAS di awal semester. Hal ini dikarenakan beberapa dari siswa yang masih belum sepenuhnya bisa memahami pembelajaran IPAS di awal pelaksanaan kurikulum merdeka yang baru. Hal tersebut dapat dilihat dari penurunan nilai prestasi dari sebelum pemberlakuan pembelajaran IPAS pada kurikulum merdeka dan setelah pembelajaran IPAS pada kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media smart card terhadap  kemampuan kognitif siswa kelas IV pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Populasi penelitian sebanyak 3 sekolah dan 38 jumlah pengamat. Metode analisis data menggunakan metode kuasi eksperimen (quasi eksperimental design) dengan dua kelompok yang dipilih acak. Teknik pengumpulan data dan teknik analisis data yaitu kuantitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebelum penggunaan smart card nilai siswa dalam menjawab soal rendah, sementara ketika sudah adanya penggunaan smart card nilai siswa lebih baik. penggunaan smart card dalam pembelajaran IPAS dapat berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV di sekolah dasar.

Keywords


Kemampuan Kognitif; IPAS; Smart Card

Full Text:

PDF

References


Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.

Azizah, L., & Alnashr, M. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.340

Azizah, U., & Suprayitno. (2014). Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 1–7.

Day, J., & Bonn, D. (2011). Development of the concise data processing assessment. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.7.010114

Fadilah, N. (2018). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Flash Card Di Taman Kanak-Kanak Purnama Kecamatan Sukarame Bandar …. http://repository.radenintan.ac.id/2787/

Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259

Frasandy, R. N., Suryati, E., & Yuliantika, S. (2022). Efektifitas Media Smart Card (Kartu Pintar) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 161–170. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.466

Jatmika, H. M., & Yogyakarta, U. N. (2005). Pemanfaatan media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 89–99.

Kurniastuti, D., Setyowati, W. A. E., & Utami, B. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi dengan Smart Card pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Pada Kelas XI IPA Di SMA Islam 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 95. https://doi.org/10.20961/jpkim.v7i1.24572

Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7

Meo, H., Meka, M., & Maku, K. R. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tkk Negeri Kisaraghe Kecamatan Bajawa Utara Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 2(1), 14–22. https://doi.org/10.38048/jcp.v2i1.285

Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik, 253–263.

Ningsih, W. S., Khusnul Khotimah, Reza Amaliani, & Wisnu Siwi Satiti. (2022). Pengembangan Media Berbasis Ispring dan Video Animasi Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 5(2), 80–92. https://doi.org/10.36765/jp3m.v5i2.534

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007

Permatasari, D. I. (2020). Pengujian Aplikasi menggunakan metode Load Testing dengan Apache JMeter pada Sistem Informasi Pertanian. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 8(1), 135. https://doi.org/10.26418/justin.v8i1.34452

Riny, M., & Safrul, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Menggunakan Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8666–8674. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3885

Simangunsong, E. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajar An Brain Based Learning Berbantuan Smart Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kecemasan Belajar Di Kelas Viii Mtsn 2 …. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 350–356. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16845%0Ahttp://repository.uinsu.ac.id/16845/7/09_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Sudjarwo, B. (2009). Manajemen Penelitian Sosial. CV Mandar Maju.

Sugyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Issue January).

Surapranata, S. (2009). Analisis, validitas, reliabilitas, dan interpretasi hasil tes implementasi kurikulum 2004. PT. Remaja Rosdakarya.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

V. Wiratna Sujarweni. (2014). Metodologi Penelitian.

van der Bij, T., Geijsel, F. P., & ten Dam, G. T. M. (2016). Improving the quality of education through self-evaluation in Dutch secondary schools. Studies in Educational Evaluation, 49, 42–50. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2016.04.001

Wahyuni, D., Muntari, M., & Anwar, Y. A. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri di Praya Selama Pembelajaran Daring. Chemistry Education Practice, 5(1), 10–16. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.2788


Refbacks

  • There are currently no refbacks.