Penerapan Media Smart Card Terhadap Kemampuan Kognitif Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.
Azizah, L., & Alnashr, M. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.340
Azizah, U., & Suprayitno. (2014). Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 1–7.
Day, J., & Bonn, D. (2011). Development of the concise data processing assessment. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.7.010114
Fadilah, N. (2018). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Flash Card Di Taman Kanak-Kanak Purnama Kecamatan Sukarame Bandar …. http://repository.radenintan.ac.id/2787/
Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259
Frasandy, R. N., Suryati, E., & Yuliantika, S. (2022). Efektifitas Media Smart Card (Kartu Pintar) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 161–170. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.466
Jatmika, H. M., & Yogyakarta, U. N. (2005). Pemanfaatan media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 89–99.
Kurniastuti, D., Setyowati, W. A. E., & Utami, B. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi dengan Smart Card pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Pada Kelas XI IPA Di SMA Islam 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 95. https://doi.org/10.20961/jpkim.v7i1.24572
Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
Meo, H., Meka, M., & Maku, K. R. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tkk Negeri Kisaraghe Kecamatan Bajawa Utara Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 2(1), 14–22. https://doi.org/10.38048/jcp.v2i1.285
Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik, 253–263.
Ningsih, W. S., Khusnul Khotimah, Reza Amaliani, & Wisnu Siwi Satiti. (2022). Pengembangan Media Berbasis Ispring dan Video Animasi Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 5(2), 80–92. https://doi.org/10.36765/jp3m.v5i2.534
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007
Permatasari, D. I. (2020). Pengujian Aplikasi menggunakan metode Load Testing dengan Apache JMeter pada Sistem Informasi Pertanian. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 8(1), 135. https://doi.org/10.26418/justin.v8i1.34452
Riny, M., & Safrul, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Menggunakan Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8666–8674. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3885
Simangunsong, E. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajar An Brain Based Learning Berbantuan Smart Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kecemasan Belajar Di Kelas Viii Mtsn 2 …. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 350–356. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16845%0Ahttp://repository.uinsu.ac.id/16845/7/09_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Sudjarwo, B. (2009). Manajemen Penelitian Sosial. CV Mandar Maju.
Sugyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Issue January).
Surapranata, S. (2009). Analisis, validitas, reliabilitas, dan interpretasi hasil tes implementasi kurikulum 2004. PT. Remaja Rosdakarya.
Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
V. Wiratna Sujarweni. (2014). Metodologi Penelitian.
van der Bij, T., Geijsel, F. P., & ten Dam, G. T. M. (2016). Improving the quality of education through self-evaluation in Dutch secondary schools. Studies in Educational Evaluation, 49, 42–50. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2016.04.001
Wahyuni, D., Muntari, M., & Anwar, Y. A. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri di Praya Selama Pembelajaran Daring. Chemistry Education Practice, 5(1), 10–16. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.2788
Refbacks
- There are currently no refbacks.