Tumbuhkan Karakter Unggul: Merajut Generasi Berkarakter di Sekolah Dasar Dalam Era Globalisasi

Dienta Yanu Anggita, Ratri Seva Zaresty, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menumbuhkan karakter yang unggul di sekolah dasar, dengan fokus pada karakteristik sekolah, keterlibatan komunitas, dan inovasi pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana karakter guru dan siswa sekolah untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar, menerapkan pendidikan berkualitas, dan mempromosikan keberagaman melalui program-program ekstrakulikuler. Metode penelitian dilakukan dengan observasi langsung, wawancara, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Dasar memiliki komitmen yang kuat terhadap pendidikan berkualitas, keterlibatan yang erat dengan komunitas lokal, serta inovasi Pendidikan yang aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sekolah ini memainkan peran penting dalam mengembangkan potensi siswa yang membentuk masa depan pendidikan anak.

 


Keywords


Multikulturalisme dalam pendidikan; karakter; globalisasi

Full Text:

PDF

References


Diyah, F. H. (2019). Konsep nilai-nilai pendidikan akhlaq dalam kitab Alaalaa karya Syekh Az-Zarnuji dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Era Globalisasi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Handayani, M. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Tarbiyatush Shahabah dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter di Era 4.0 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Hasibuan, N., Khasanah, U., & Alanur, S. N. (2024). Transformasi Pendidikan Karakter: Menuju Sdm Unggul Dan Berkelanjutan. Penerbit Tahta Media.

Ismail, S., Suhana, S., & Yuliati Zakiah, Q. (2021). ANALISIS KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Rohmah, F. D. (2017). Pentingnya pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar untuk memperbaiki moral generasi bangsa. Retrieved from yahoo. com (accessed November 5, 2021 at 12: 18 WITA), 2-3.

Sofiasyari, I., Atmaja, H. T., & Suhandini, P. (2019). Pentingnya pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar di era 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 734-743).0

Sudarsih, S. (2019). Pentingnya Membangun Karakter Generasi Muda di Era Global. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 55-59.

Sarmini, S., Prasetyo, K., & Khotimah, K. (2023). Membangun Karakter Integritas Peserta Didik melalui Mata Pelajaran IPS: Studi Kasus SMP Negeri 50 Surabaya. Ejournal. Unesa. Ac. Id, 1(1), 87-101.

Prayoga, D. A., Ratnasari, D., & Aula, S. K. N. (2022). KOMPERASI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF THOMAS LICONA DAN BUYA HAMKA SERTA RELEVANSINYA DI ERA MODERN. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(1), 207-225.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.