Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Pada Siswa SD

Reva Anggun Pangesti, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta, Heny Kusuma Widyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam karangan narasi siswa kelas V sekolah dasar SDN 5 Baosan Kidul. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis dokumen. Data penelitian berupa karangan narasi yang ditulis oleh siswa dan dokumentasi, observasi, yang kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan jenis-jenis kesalahan berbahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa jenis kesalahan yang dominan, yaitu kesalahan ejaan, kesalahan tata bahasa, dan kesalahan penggunaan kata. Kesalahan ejaan meliputi penulisan huruf kapital, tanda baca, dan penulisan kata yang tidak sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan (EYD). Kesalahan tata bahasa mencakup kesalahan dalam penggunaan imbuhan, struktur kalimat, dan kesesuaian subjek-predikat. Sementara itu, kesalahan penggunaan kata meliputi pemilihan kata yang kurang tepat dan penggunaan kata yang berlebihan atau tidak sesuai konteks


Keywords


Kesalahan berbahasa, karangan narasi, enggunaan ejaan, siswa SD

Full Text:

PDF

References


Muzaini. 2014. “Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Kedunggalar 2 Kabupaten Ngawi Melalui Audio Visual”. NOSI. Vol. 2. No. 2. Hal. 60-69.

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Nova, Satria. 2011. Agar Menulis Seenteng Bicara. Yogyakarta: Lukita. Purwaningrum, Sri Wahyu dkk. 2013. “Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Kedunggalar 2 Kabupaten Ngawi melalui Audiovisual”.

Ahsin, Muhammad Nur. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Auidovisual dan Metode Quantum Learning”. Jurnal 5. Anggraeni, Sri Wulan. 2016. “Hubungan Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir

Kritis dengan Kemampuan Menulis Narasi”. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 6. Refleksi Edukatika. Vol. 6. No. 2

Muslimun. 2011. “Peningkatan Kompetensi Menulis Kreatif Bentuk Narasi Melalui Pendekatan Proses pada Siswa Kelas VI SD Negeri Glempang Pasir 05 Adipaa Kabupaten Cilacap”. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol.12. No. 1. Hal. 63-73.

Muzaini. 2014. “Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Kedunggalar 2 Kabupaten Ngawi Melalui Audio Visual”. NOSI. Vol. 2. No. 2. Hal. 60-69.

Subandi, Ahmad Utman dkk. 2014. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Sugestif dengan Menggunakan Media Gambar Seri Siswa Kelas V SDN Arjasana 02 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013”. Jurnal Edukasi UNEJ. Vol. I. No. 1. Hal. 1-4.

Wahidy, Achmad dan Yuli Hidaroyani. 2016. “Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Strategi Peta Konsep pada Siswa Kelas X SMK Pelayaran Sinar Bahari Palemang”. ISBN 978-602-17891-7-9.

Alviana, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia tata ejaan dalam Karangan siswa. Prosiding konfrensi ilmiah dasar,1,68-78


Refbacks

  • There are currently no refbacks.