Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Scratch: Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astriani, M., Indriani, C., Hidayat, S., & Wardhani, S. (2022). Analisis Penerapan Model
Pembelajaran Pada Kondisi Tatap Muka Terbatas Mata Pelajaran Biologi Di Man 1
Palembang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(1), 74.
https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i1.5306
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap
Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1),
–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622
Laily, S. J., & Mulyani. (2022). Pengembangan Media Quizland Berbasis Scratch Games
Pada Pembelajaran Tematik Subtema Aku dan Cita-Citaku Kelas IV Sekolah Dasar.
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1271–1280.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47126
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik
Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media
Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii. PENSA :
Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Purnomo, A., Kanusta, M., Fitriyah, Guntur, M., Siregar, R. A., Ritonga, S., Nasution, S. I.,
Siti Maulidah, & Listantia, N. (2022). PENGANTAR MODEL PEMBELAJARAN. Bima:
Yayasan Hamjah Diha.
Rahayuningsih, P., Hidayah, W., Primar, C. N., & Nurmelia. (2022). Fungsi, Dan Peran
Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Education
Journal, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.
Merdeka Belajar, November, 289–302.
Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk
Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Inventa,
(1), 62–71. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1627
Septiana, A. N. I. M. A. W. (2023). Analisis Kritis Materi Ips Dalam Pembelajaran Ipas
Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43–
file:///C:/Users/hp/Downloads/3479-7788-1-PB (2).pdf
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal
Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Sudarno, I. A., Hartini, & Widyaningrum, H. K. (2023). Pengaruh media pembelajaran
scratch terhadap hasil belajar tematik siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4,
–1470.
Suhelayanti, Z, S., Rahmawati, I., Tantu, Y. R. P., Kunusa, W. R., Suleman, N., Nasbey, H.,
Tangio, J. S., & Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS).
Lampung: Yayasan Kita Menulis.
Sulistyani, N. (2018). Implementation of Problem-Based Learning Model (Pbl) Based on
Reflective Pedagogy Approach on Advanced Statistics Learning. IJIET (International
Journal of Indonesian Education and Teaching), 2(1), 11–19.
https://doi.org/10.24071/ijiet.v2i1.952
Toheri, & Nuraenafisah. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN SCRATCH TERHADAP
KREATIVITAS BERFIKIR MATEMATIS (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII
MTs Negeri Ketanggungan Kabupaten Brebes. EduMa (Mathematics Educatition
Learning and Teaching), 2(1).
Uliyandari, M., Candrawati, E., Herawati, A. A., & Latipah, N. (2021). Problem-Based
Learning To Improve Concept Understanding and Critical Thinking Ability of Science
Education Undergraduate Students. IJORER : International Journal of Recent Educational
Research, 2(1), 65–72. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i1.56
Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di
Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593.
Refbacks
- There are currently no refbacks.