Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Scratch: Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar

Mila Aska Aulia, Bambang Eko Hari Cahyono, Endang Sri Maruti

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan media Scratch terhadap hasil belajar IPAS pada siswa SDN 01 Nambangan Lor Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan kelas IV B SDN 01 Nambangan Lor yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Post-test siswa kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai 79,52, sedangkan hasil Post-test siswa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai 85,2. Dari analisis data yang telah dilakukan menggunakan uji Independent Sample Test diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar yaitu 0,008 < 0,05. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan media Scratch terhadap hasil belajar IPAS pada siswa SDN 01 Nambangan Lor Kota Madiun.


Keywords


Model Problem Based Learning, Media Scratch, Hasil Belajar IPAS

Full Text:

PDF

References


Astriani, M., Indriani, C., Hidayat, S., & Wardhani, S. (2022). Analisis Penerapan Model

Pembelajaran Pada Kondisi Tatap Muka Terbatas Mata Pelajaran Biologi Di Man 1

Palembang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(1), 74.

https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i1.5306

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap

Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1),

–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Laily, S. J., & Mulyani. (2022). Pengembangan Media Quizland Berbasis Scratch Games

Pada Pembelajaran Tematik Subtema Aku dan Cita-Citaku Kelas IV Sekolah Dasar.

Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1271–1280.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47126

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik

Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media

Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii. PENSA :

Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Purnomo, A., Kanusta, M., Fitriyah, Guntur, M., Siregar, R. A., Ritonga, S., Nasution, S. I.,

Siti Maulidah, & Listantia, N. (2022). PENGANTAR MODEL PEMBELAJARAN. Bima:

Yayasan Hamjah Diha.

Rahayuningsih, P., Hidayah, W., Primar, C. N., & Nurmelia. (2022). Fungsi, Dan Peran

Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Education

Journal, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.

Merdeka Belajar, November, 289–302.

Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk

Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Inventa,

(1), 62–71. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1627

Septiana, A. N. I. M. A. W. (2023). Analisis Kritis Materi Ips Dalam Pembelajaran Ipas

Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43–

file:///C:/Users/hp/Downloads/3479-7788-1-PB (2).pdf

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal

Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Sudarno, I. A., Hartini, & Widyaningrum, H. K. (2023). Pengaruh media pembelajaran

scratch terhadap hasil belajar tematik siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4,

–1470.

Suhelayanti, Z, S., Rahmawati, I., Tantu, Y. R. P., Kunusa, W. R., Suleman, N., Nasbey, H.,

Tangio, J. S., & Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS).

Lampung: Yayasan Kita Menulis.

Sulistyani, N. (2018). Implementation of Problem-Based Learning Model (Pbl) Based on

Reflective Pedagogy Approach on Advanced Statistics Learning. IJIET (International

Journal of Indonesian Education and Teaching), 2(1), 11–19.

https://doi.org/10.24071/ijiet.v2i1.952

Toheri, & Nuraenafisah. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN SCRATCH TERHADAP

KREATIVITAS BERFIKIR MATEMATIS (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII

MTs Negeri Ketanggungan Kabupaten Brebes. EduMa (Mathematics Educatition

Learning and Teaching), 2(1).

Uliyandari, M., Candrawati, E., Herawati, A. A., & Latipah, N. (2021). Problem-Based

Learning To Improve Concept Understanding and Critical Thinking Ability of Science

Education Undergraduate Students. IJORER : International Journal of Recent Educational

Research, 2(1), 65–72. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i1.56

Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di

Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.