Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa V Sekolah Dasar

Miftahotul Khoyriyah, Rosita Ambarwati, Vivi Rulviana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan desain pretest posttest control. Sampel dipilih menggunakan teknik saturated sampling, terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen di SDN Kebonagung dengan model PjBL dan kelas kontrol di SDN Kebonagung 02 dengan model konvensional. Kemampuan berpikir kreatif siswa diukur melalui tes dan dianalisis menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL memiliki pengaruh signifikan (sig = 0,000 < 0,05) terhadap kemampuan berpikir kreatif, dengan skor rata-rata 80,41 pada kelas PjBL lebih tinggi dibandingkan 67,6 pada kelas konvensional.


Keywords


Kemampuan berpikir kreatif, Project Based Learni

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,

(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i1.1

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based

Learning (Pjbl) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta

Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145–150.

https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225

Azizah, N. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning

Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Smk Negeri 2

Pangkep. Jurnal PENA : Penelitian Dan Penalaran, 9(1), 33–45.

https://doi.org/10.26618/jp.v9i1.7604

Daya, R., Winarni, E. W., & Agusdianita, N. (2021). Pengaruh Model Project Based

Learning (PjBL) Diorama Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir

Kreatif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1),

–114.

Erisa, H. (2021). Model Project Based Learning Untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Dan

Hasil Belajar Siswa. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 11, 17.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning.

Journal of Education, 3(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76

Muhammad Rafik, Vini Putri Febrianti, Afifah Nurhasanah, & Siti Nurdianti Muhajir.

(2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap

Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pembelajaran

Inovatif, 5(1), 80–85. https://doi.org/10.21009/jpi.051.10

Muti’ah, U., Waluya, S. B., & Mulyono. (2019). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif

Matematis dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving ( CPS ) dengan

Strategi Scaffolding. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 889–893.

https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/389

Ridwan, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based

Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika (Eksperimen di SMK Bina

Bangsa Mandiri 2 Cikeas).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Data Kualitatif.

Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan

Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan

Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 1. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.874

Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran

Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 47.

https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222


Refbacks

  • There are currently no refbacks.