Pengembangan Media Strip Story pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V S

Methal Jagad Kirey, Raras Setyo Retno, Naniek Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran strip story terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada mata Pelajaran IPA. Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Purworejo 02 masih minimnya media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian jenis Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode penelitian ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data berdasarkan hasil observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas pada media pembelajaran strip story l yang dikembangkan dilakukan oleh tiga ahli meliputi ahli media mendapatkan hasil sebesar 82% dengan kriteria sangat layak, ahli materi mendapatkan hasil sebesar 95% dengan kriteria sangat layak, dan ahli Bahasa mendapatkan hasil sebesar 82% dengan kriteria sangat layak. Respon dari guru kelas V mendapatkan hasil sebesar 92% dengan kriteria sangat layak dan respon siswa sebesar 88,5% dengan kategori sangat layak. Hasil evaluasi motivasi belajar siswa dengan skor 88,45% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil uji validitas yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran strip story pada mata Pelajaran IPA untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V “sangat layak” digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.


Keywords


Media strip story, mata pelajaran IPA, motivasi belajar.

Full Text:

PDF

References


Agsaenanda, I. (2020). Pengembangan Media Komik Strip Sebagai Media Pembelajaran

Keterampilan Membaca Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Krian. Laterne Jurnal Pendidikan

Bahasa Jerman, 9(1), 1–14.

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/laterne/article/view/3309

Apriliyani, R., & Gazali, E. (n.d.). Pengaruh Penggunan Media Strip Story Untuk

Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Minat Siswa Pada Pembelajaran Bahasa

Arab. El-Ibtikar Vol 8 No 2. 104-122.

Guru, P., Dasar, S., Pendikan, F. I., Surabaya, U. N., Guru, P., Dasar, S., Pendikan, F. I., &

Surabaya, U. N. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS STRIP STORY

KEMERDEKAAN KELAS V SD Aulatul Dafiyah Suprayitno Abstrak. 1172–1183.

Hayati. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar. Workshop Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 3(4),

–1203. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Herdiawan, M. (2020). The Modified of Picture Strip Story Based on Contextual

Teaching and Learning to Improve Students’ Reading Comprehension. IOSR Journal of

Research & Method in Education (IOSR-JRME), 10(2), 11–16.

https://doi.org/10.9790/7388-1002031116

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan

Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2

Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2),

–21. https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1190

Imani, M. N., Oktaviyanti, R., & Romdhoni, V. A. (2021). Inovasi Media Pembelajaran

Linktree dan Evaluasi Quizizz pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII

SMP. Proceeding of Integrative Science Education Seminar (PISCES), 1, 441–448.

Learning, A. (2023). Tadris Al- ‘ Arabiyyah INFLUENCE OF MEDIA USE STRIP STORY TO

IMPROVE WRITING SKILLS AND STUDENTS ’ INTEREST IN. 2(1), 41–52.

https://doi.org/10.15575/ta.v2i1.

Megawati, F. (n.d.). COMIC STRIPS : A STUDY ON THE TEACHING OF WRITING

NARRATIVE TEXTS TO INDONESIAN EFL STUDENTS. 363–364.

Permadi, A. S., & Saini, M. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui

Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal

Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 20–26.

https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.754

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.

Merdeka Belajar, November, 289–302.

Romdani, A.-M., & Andriyani, L. (2021). 730 | Konferensi Nasional Bahasa Arab

(KONASBARA) VII 2021. 730–742.

Rubiana, E. P., & Dadi, D. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar

Ipa Siswa Smp Berbasis Pesantren. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 12.

https://doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4376

Tâm, T., Và, N. C. Ứ U., Giao, C. Ể N., Ngh, C., & Chu, Ẩ N B Ụ I. (2016). 済無 No Title No

Title No Title. 01, 1–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.