Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Media Pembelajaran Quizwhizzer di Kelas V SDN 04 Klegen Kota Madiun

Melly Nia Dwi Nursafitri, Hartini Hartini, Rohmadi Rohmadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada peserta didik kelas V SDN 04 Klegen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media quizwhizzer. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adakah peserta didik kelas V SDN 04 Klegen yang berjumlah 14 siswa. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Problem Based Learning dan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif berupa observasi yang dilakukan dan presentase hasil belajar siswa dari pra siklus dan setelah siklus. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Problem Based Learning pada pelajaran matematika, materi bangun datar hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Peningkatan hasil belajar pada pra siklus 29,4 %, siklus I sebesar 61,6% dan pada siklus II sebesar 90%. Penilaian ini dikatakan berhasil karena hasil belajar mencapai indikator ketuntasan yaitu ≥ 80% dari ratarata kelas dengan KKM ≥ 70.


Keywords


Problem based learning, quizwhizzer, hasil belajar, matematika

Full Text:

PDF

References


Audina, Lia, dkk. (2022) Pengembangan Media Game Interaktif Elektronik Berbasis

Quizwhizzer Pada Subtema Usaha Pelestarian Lingkungan. Jurnal Pendidikan Guru

Sekolah Dasar, 11(6)

Ayuningtyas, R. (2019). Pengembangan Media Kuis Interaktif Berbasis Adobe Flash

Dalam Pembelajaran PPKn. 51. http://lib.unnes.ac.id/34021/1/3301415035

maria.pdf

Citroresmi, N., & Suratman, D. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis

Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah dan Berpikir Kreatif

Matematis Peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(4). 1-

Fauziah, dkk. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis di Era New

Normal. Jurnal of Mathematics Education and Applied, 1 (1)

Fitriana, M. A., & Sukarto, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Dalam

Memecahkan Masalah Matematika Di Sekolah Dasar. JUPE : Jurnal Pendidikan

Mandala, 7(4), 2021–2023. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4564

Fitriani & Nurjanah. (2019). Peranan E-Learning Dalam Pembelajaran Matematika Di

Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal on Pedagogical Mathematics, 1(2), 102–

Ibrahim, Arsad Mochamad. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media

Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 4 (2)

Iskandar, Sofyan. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran QuizWhizzer dan

Kinemaster untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal on

Education, 05(02)

Magdalena, I., Prasasti, D., Nurrohmah, N., & Awalina, F. M. (2021). Meningkatkan Hasil

Belajar pada Pelajaran Matematika melalui Penerapan Model Problem Based Learning

pada Siswa SDN Pinang 2. Edisi, 3, 106–119.

Nurfadilah, Septy. (2021). Media Pembelajaran (Pengertian Media Pembelajaran,

Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan

Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak: Sukabumi, Jawa Barat.

Sawitri, E. Y. A. (2018). Pengembangan Media Kuis Interaktif Pemanfaatkan Aplikasi

Autoplay Untuk Pembelajaran Sistem Pernapasan Manusia Dan Hewan Untuk Kelas V

Sekolah Dasar. http://repository.ut.ac.id/8349/

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suwangsih, E., Putri, H. E., Widodo, S., & Ikhwanudin, T. (2018). Pengembangan Model

Pembelajaran Konsep Bilangan Bagi Anak Dengan Mat. IndoMath: Indonesia

Mathematics Education, 1(1),

Yani, Meri Imelda. (2023). Pengaruh media pembelajaran game edukasi Quizwhizzer

terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Sint. Gabriel Maumere. Jurnal Pendidikan

Surya Edukasi (JPSE), 9(2)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.