Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe MakeA-Match Pada Siswa Sekolah Dasar

Lois Anggi Putri, Cerianing Putri Pratiwi, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media kartu bergambar dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Penelitian ini melibatkan kelas V SDN Sidomulyo 01 yang berjumlah 19 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I memperoleh hasil yang kurang maksimal dengan persentase ketuntasan 47,37%. Melalui refleksi pada siklus I, peneliti melakukan perbaikan sehingga siklus II memperoleh persentase ketuntasan sebesar 84,21% dan jumlah siswa yang tidak tuntas ada 3 dari keseluruhan siswa sebanyak 19 orang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sidomulyo 01.


Keywords


Model pembelajaran, media pembelajaran, siswa sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang

Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan

Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang

Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Anzar, S. F., & Mardhatillah. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran

Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun

Ajaran 2015/2016. Bina Gogik, 4(1 Maret 2017), 53–64.

Casmudi, & Prasetya, K. H. (2021). Kondisi Riel Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Mata

Pelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri Balikpapan

(Tinjauan Implementasi Dan Problematika). Jurnal Basataka (JBT), 4(Vol. 4 No. 2

(2021): Desember 2021), 189–198. http://jurnal.pbsi.uniba

bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/137/92

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu,

(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Nurma Pertiwi, I., Sumarno, & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu

Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. Jurnal Mimbar

PGSD Undiksha, 7(3), 261–270.

Oktavia Adela Lumandung, Jhon R. Wenas, & Anetha L. F. Tilaar. (2022). Model

Pembelajaran Make A Match Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di

SMP Negeri 2 Tatoareng. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 156–165.

https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.855

Winarni, T. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model

Pembelajaran Make a Match Berbantuan Kartu Angka. ANARGYA: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Matematika, 2(2), 99–104. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.3944

Zakiah, I., & Kusmanto, H. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif

Tipe Make a Match Terhadap Kreativitas. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika,

(1), 32–43


Refbacks

  • There are currently no refbacks.