Pengaruh Model Learning Cycle 7e Berbantuan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD

Novita Resti Wulandari, Cerianing Putri Pratiwi, Endang Sri Maruti

Abstract


Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV pada indikator menentukan kalimat transitif dan kalimat intransitif , siswa masih mengalami kesulitan karena belum bisa membedakan kalimat transitif dan kalimat intransitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model learning cycle 7 e berbantuan media powtoon terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV. Subjek penelitian kelas IV SDN Nampu 02 dan SDN Sugihwaras 02. Jenis pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan jenis Eksperimen Semu (Quasi Experimental Desaign). Bentuk desain yang digunakan yaitu Posttest-Only Control Group Designs. Teknik pengambilan sampel menggunakan tekning sampling jenuh sebanyak 26 siswa. Uji hipotesis menunjukkan bahwa 0.00 < 0.05. Jadi, hasil keputusan penelitian menunjukkan bahwa model learning cycle 7e berbantuan media powtoon dapat berpengaruh terhadap siswa kelas IV.


Keywords


Learning Cycle 7e; Powtoon; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Diana, A., Sofiyan, Putra, A., &Ramadhani, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 6 “ Aku dan Cita- Citaku ” SD Negeri 6 Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 79–88.

Fika, N. A., &Sukmawarti. (2022). Pengembangan Media Animasi Berbantu Powtoon Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …, 04(2), 220–231. https://www.jurnal- Hidayah, K., &Istianah, F. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle Tipe 7E Terhadap Hasil Belajar Siswa Sdn Kenongo I. Jurnal PGSD, 7, 2655–2664.

Hidayati, A. S., Adi, E. P., &Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang. Journal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 1(1), 45–50.

Kotimah, E. K. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Berupa Video Animasi Berbasis Powtoon Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–18.

Linggasari, E., &Rochaendi, E. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Melalui Model Pendidikan Kecakapan Hidup. Journal Homepage, XIII(1), 40–62.

Marisa, M., Setiya Rini, E. F., Putri, N. D., &Yolviansyah, F. (2020). Uji Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Mipa 2 Dan XII Mipa 2 Di Sma Negeri 1 Muaro Jambi. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(3), 218.

Muhammad Qasim Maskiah. (2016). Perencanaan Pengajaran Dalam Kegiatan Pembelajaran. Journal Diskursus Islam, 04, 484–492.

Niki. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas I di SD Negeri 46 Ampenan dengan Menerapkan Model Reading Berbasis Paikem Semester Satu Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal Ilmiah Mandala Education, 4(2), 63–71.

Nindy Feriyanti. (2019). Pengembangan e - Modul Matematika Untuk Siswa SD. Journal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1–12.

Nurainingtias, P. Y. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendidikan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas IV. Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3, 291.

Ritonga, M. M. N., &Halimah, S. (2023). Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Merancang Media Pembelajaran Berbasis Digital di MAN 1 Medan. Journal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 4(April), 29–32.

Surayya, L., Subagia, I. W., &Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–11.

Yaldi, N., &Hasibuan, S. (2019). Pengembangan LKS Learning Cycle 7E dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Journal Basicedu, 3(3), 990–993.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.