Pengaruh Model Pembelajaran Project Bassed Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 1 Mangkujayan

Antika Dwi Retno Handayani, Octarina Hidayatus Solikhah, Candra Dewi

Abstract


Tujuan penelitian ini sebagai berikut : 1. Membuktikan adanya pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan kognitif Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 1 Mangkujayan 2. Menganalisis perbedaan kemampuan kognitif Bahasa Indonesia bab 5 bertukar atau membayar tentang teks prosedur antara yang menggunakan dan tidak menggunakan model Project Based Learning pada siswa kelas IV SDN I Mangkujayan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain quasi eksperimen dengan jenis nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 1 Mangkujayan. Penelitian ini menggunakan Teknik cluster random sampling dalam pengambilan sampel. Teknik pengambilan data dilakukan dengan pengumpulan data berupa tes. Berdasarkan hasil perhitungan program IBM SPSS Statistic v.25 for windows yang menggunakan analisis uji t untuk sampel yang berasal dari distribusi yang berbeda independent simple test. Hasil perhitungan data menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) =0.000 sedangkan sig 0.05 (0.000 < 0.05) maka HO ditolak, dan H1diterima. Dengan demikian pada penelitian ini disimpulkan dari analisis uji T bahwa terdapat pengaruh menggunakan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV SDN 1 Mangkujayan.


Keywords


Kemampuan Kognitif; Project Based Learning;Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Antara, I. G. W. S., Suma, K., & Parmiti, D. P. (2022). Scrapbook Digital: Konstruksi Media Pembelajaran Bermuatan Soal-Soal Higher Order Thinking Skills. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 11–20.

Damayanti, A. D. (2023). Efektivitas Media Scrapbook Terhadap Kemampuan Kognitif Pembelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar. 4, 538–543.

Firman, W., & Anhusadar, L. (2022). Peran Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 28–37. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i2.6721

Hadi, F. R. (2021). Penggunaan Media Lego Bricks Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Matematika Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 73–82. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.217

Handayani, R. H., & Muhammadi, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD. E-Journal Inovasi Pembelajaran SD, 8(5), 78–88.

Hasanah, M., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif IPA pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1509–1517. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/968

Marsali, Annisa. (2016). Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 1, 1–17. http:/ejournal.unp.ac.id/index.php/pd

Nababan, L. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Motivasi belajar PAK siswa kelas X. Areopagus : Jurnal Pendidikan Dan Teologi Kristen, 18(1), 48–58. https://doi.org/10.46965/ja.v18i1.43

Saputro, O. A., & Rayahub, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/24719

Susanto, A., & Radiallahuanha, D. (2021). Pengaruh Media Poster terhadap Kreativitas dan Inovasi Anak dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(2), 101. https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i2.10187

Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525–1531. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958

Yasin, M., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Integrasi Model Problem Based Learning Dengan Media Pembelajaran Dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 728–747. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.323


Refbacks

  • There are currently no refbacks.