Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Motivasi Belajar Siswa Di Kelas IV MI Ak-Amin

Anieng kusuma Wardani, Pinkan Amitha Tri Prasasti, Raras Setyo Retno

Abstract


Artikel ini bermaksud untuk mendeskripsikan mengenai pengembangan media scrapbook pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan media scrapbook pada materi daur hidup hewan pada siswa kelas IV. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu dengan angket kuesioner yaitu sebuah rangkaian pertanyaan yang berguna untuk mengungkapkan informasi, baik secara fakta maupun pendapat. Selain itu juga dengan dokumentasi yaitu dokumentasi berupa catatan peristiwa yang sudah berlalu. Dokumentasi ini berupa foto-foto dan tulisan peserta didik MI AL-AMIN Ngunut, Kec. Bandar, Kab. Pacitan. Hasil yang didapatkan dalam mengembangkan media ini adalah  hasil respon siswa yang baik dalam proses belajar menggunakan media scrapbook. Selain itu pengembangan media scrapbook ini bersifat manual / bisa dipegang oleh tangan sehingga bisa memudahkan siswa dalam menggunakan media tersebut.

Keywords


Media pembelajaran; Scrapbook; IPA

Full Text:

PDF

References


Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578

Azhar, A. (n.d.). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hasan, D. A., Safarosarita, D., & ... (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP/MTs. Pisces …, 2, 141–148. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/713%0Ahttps://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/download/713/437

Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(14), 12.

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Ranah Psikomotorik Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Safrina Junita, & Munzir. (2020). Penerapan Media Pop-Up Book Untuk Pemahaman Sub Tema Ketampakan Rupa Bumi Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 127–132. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.982

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Early Childhood Islamic Education Journal, 5(01), 73–85. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.679

Winingsih, S. T. (2022). Pengembangan Media SCRAPBOOK Pembelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan di Kelas IV SD NEGERI 16 Kota BENGKULU (Issue 8.5.2017) [Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu]. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489


Refbacks

  • There are currently no refbacks.