Penggunaan Bahan Ajar Abc Dengan Metode Iqro’ Pada Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar

Anggita Rowina Silviadevi, Nur Samsiyah, Dian Nur Antika Eky Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahan ajar ABC dengan metode iqro’ dalam pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar. Subyek penelitian ini adalah guru kelas I dan siswa kelas I SDN Nampu 05 tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket validasi, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar ABC dengan metode iqro’ telah dilaksanakan dengan baik selama satu minggu satu kali. Dalam penggunaan bahan ajar ABC, metode iqro’ yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode individual. Dengan metode individual iqro’ pembelajaran membaca siswa kelas I lebih personal dan fokus. Bahan ajar dengan tampilan yang menarik tentunya dapat berpengaruh terhadap minat siswa dalam belajar membaca. Selain itu penggunaan bahan ajar ABC dengan metode iqro’ dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa serta meningkatkan motivasi siswa dalam membaca sejak dini.


Keywords


Bahan Ajar ABC; Pembelajaran Membaca; Metode Individual

Full Text:

PDF

References


Adisty, N. (2022). Hari Buku Sedunia: Bagaimana Tingkat Minat Membaca Masyarakat Indonesia? https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr.1_KC301lttoBOwIM34lQ;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Nj/RV=2/RE=1699631107/RO=10/RU=https%3A%2F%2Fgoodstats.id%2Farticle%2Fmemperingati-hari-buku-sedunia-bagaimana-tingkat-minat-membaca-masyarakat-indonesia-D8Sji

Agustina, Z., Murniati, N. A. N., & Reffiane, F. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Siswa Kelas III di SDN Peterongan Kota Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5356–5369.

Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31.

Eliyanti, M. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2).

Herman, H., Saleh, S., & Islami, N. M. (2017). Penerapan Media Aplikasi Education Games Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak di Taman Kanak-Kanak.

Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.

Kustianingrum, A. (2020). Peranan Metode Iqro’Pada Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak. Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 2(1).

Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. Ac. Id Hal, 1.

Pamuji, S. S., & Setyami, S. S. (2021). Keterampilan Berbahasa. Guepedia.

Trisnawati, N. (2017). Implementasi Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Iqro’di Raudhatul Athfal Cut Mutia Desa Dagang Kelambir Kecamatan Tanjung Morawa. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Utami, L. . (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Rangking 62 Dari 70 Negara. https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4661


Refbacks

  • There are currently no refbacks.