Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS

Andika Cahyo Purnomo, Sri Budyartati, Eka Nofri Ari Yanto

Abstract


Kurikulum merupakan hal utama dalam proses penerapan Pendidikan pada seluruh jenjang. Dari tahun ke tahun kurikulum mengalami perbaikan hingga yang terakhir kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka merupakan implementasi dari pembelajaran berdiferensiasi yang direpresentasikan pada mata Pelajaran IPAS. Pembelajaran yang berpusat pada siswa dan mampu mengembangkan potensi dari siswa. Tujuan dari penelitian ini mengetahui bagaimana implementasi kurikulum Merdeka dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertempat di MIN 1 Kota Madiun dengan subjek penelitian Kepala sekolah, guru kelas 5G, dan siswa kelas 5G. Data diambil melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu guru sudah melaksanakan proses pengimplementasian kurikulum Merdeka dalam pemebelajaran IPAS melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hal ini terlihat guru sudah menyusun modul ajar sesui dengan CP dan ATP. Pada kegiatan pembelajaran sudah ditemukan kegiatan mengamati, menulis, menemukan, berdiskusi, dan praktek yang menandakan guru sudah berupaya menciptakan kegiatan belajar lebih menarik. Selain itu guru juga sudah melakukan evaluasi baik evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Meskipun sekolah baru menerapkan Kurikulum Merdeka di tahun pertama, hal tersebut tidak menjadi suatu masalah ataupun menimbulkan kendala yang begitu besar. Hal tersebut terjadi karena pihak sekolah sudah melakukan persiapan dengan baik.


Keywords


Kurikulum; Kurikulum Merdeka; IPAS

Full Text:

PDF

References


Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Apriyanti, H. (2023). Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(1), 15–20. https://doi.org/10.31537/ej.v7i1.970

Dyaning Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). I. Dyaning Wijayanti, A. Ekantini. 08(September), 2100–2112.

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. 7(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Susilawati, W. O., Apreasta, L., & Septiani, H. (2023). Pengembangan Tes Formatif dan Sumatif Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di Kelas IV Di Tingkat Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 8402–8415.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.