Implementasi Media Pembelajaran Flipbook Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar

Alfina Nur Khasanah, Candra Dewi, Fida Rahmantika Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi media pembelajaran Flipbook terhadap minat belajar siswa sekolah dasar melalui studi literatur. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan artikel ilmiah yang relevan dengan topik penelitian. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa implementasi media pembelajaran Flipbook dapat meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Media Flipbook terbukti menarik perhatian siswa, memvisualisasikan materi pembelajaran dengan menarik, dan menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Penggunaan media Flipbook juga dapat merangsang keingintahuan dan motivasi belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Flipbook merupakan media yang efektif untuk diimplementasikan dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar.

Keywords


Flipbook; Minat Belajar; Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amiyanti, Ningsih, Y. (2018). Pengaruh Model Kooperatif Berbantuan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 3 Materi Bakteri Artikel Penelitian Oleh : Resti Amiyanti Pengaruh Model Kooperatif Berbantuan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 3. 0–9.

Audria, N., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, J., Usia, A., Dan, D., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Jambi, U. (2021). STRATEGI GURU DALAM MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA SISTEM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR.

Cecep, K., & Danddy, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran (Konsep & Aplikasi Pengembanan Media Pembelajaran bagi Pendidikan di Sekolah dan Masyarakat) (F. Irfan & Ria (eds.); 2nd ed.). KENCANA.

Dayanti, Z. R., Respati, R., & Gyartini, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 04(05), 5.

Dewa, I., Parlin, P. L., Iswanto, H., & Setyo Budi, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kvisoft Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Medan Magnet. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, IV, 135–140. http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2015/

Hadi, F. R. (2018). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 80. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.2925

Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 24–32. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/1215

Sardini. (2014). PONTIANAK ARTIKEL PENELITIAN Oleh SARDINI NIM : F01107101 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Man Pontianak, 0–17.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2014). Instructional technology and media for learning (10th ed.). Pearson Education, Inc.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.