Reog Ponorogo Sebagai Pembentuk Citra Kota Ponorogo

Aditya Chandra Kirana, Febia Luthfi Habib Al Karim, Endang Sri Maruti

Abstract


Manunggale Cipto, Roso, Karso Agawe Rahayuning Bumi Reog  slogan ini terpampang pada Pendopo Agung Ponorogo yang terletak di alun-alun pusat Kota Ponorogo. Ponorogo memanfaatkan kesenian  tradisonalnya yaitu Reog untuk mengkomunikasikan kotanya. Reog  merupakan kesenian khas daerah Ponorogo yang telah ada sejak berabadabad yang lalu dan diwariskan secara turun-temurun di kalangan  masyarakat Ponorogo hingga saat ini. Kesenian ini juga banyak  mengandung tradisi dan nilai-nilai luhur budaya yang harus dilestarikan,  untuk itu pemerintah mengangkat Reog sebagai inspirasi dalam  menciptakan sebuah brand bagi kotanya. Reog dihadirkan melalui  berbagai elemen pembentuk citra kota, tujuan utama dari pencitraan ini adalah mengundang hadirnya para wisatawan domestik maupun asing, terutama pada acara tahunan yang diadakan oleh pemerintah yaitu Grebeg Suro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode  penggalian data melalui observasi dan wawancara. Penggalian data  dilakukan selama empat hari di Ponorogo untuk mengetahui citra kota  yang dihadirkan melalui Reog. Analisis citra kota ditinjau berdasarkan hasil  wawancara terhadap masyarakat dan pengunjung Kota Ponorogo. Hasil penelitian menunjukan adanya paradoks yang terjadi pada Reog ketika digunakan sebagai pembentuk citra kota Ponorogo. Citra kota yang dihasilkan tidak sesuai dengan makna secara tradisi yang terkandung pada Reog Ponorogo.

Keywords


Media Audio Visual; Kebugaran Jasmani; Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Jiyoung Yoon. 2010.A Conceptual Model for City Branding Based on Semiotics. Brunel University.

Kavaratzis, Mihalis dan Ashworth. 2007. “Marketing the City of Amsterdam. Cities, Vol. 24, No. 1, p. 16–25.

Kavaratzis, Mihalis. 2004.From City Marketing To City Branding: Towards A Theoretical Framework For Developing City Brands. Place Branding, Vol. 1.No. 1.

Kottler, Philip. 1993. Marketing Places : Attractive Investment, Industry, and Tourism to Cities, States, and Nations, The Free Press. Cambridge.

Lynch, J. and de Chernatony, L. 2004. The power of emotion: Brandcommunication in business-to-business markets. Journal of Brand management,Vol.11, (5), pp.403-019

Lynch, K. 1960. The image of the city, London: MIT Press

Lynch, Kevin. 1982. The Image of The City. London: Massachusets Institute of Technology.

Moilanen, Teemu & Rainisto. 2009.How to Brand Nations, Cities and Destinations, A Planning Book for Place Branding. USA: Palgrave Macmillan.

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.