Pembentukan Karakter Anak dengan Menanamkan Nilai Positif Melalui Kegiatan Keagamaan di MI Al-Hidayah Poncol

Ainazahlia Rosyaristya, Eli Siana Dwi Nuraiani, Rela Septa Nurmaliara, Ega Wiwik Urbaningrum, Endang Sri Maruti

Abstract


Pendidikan karakter di sekolah merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, hal ini bertujuan untuk membentuk karakter yang baik dan moral yang kuat pada setiap individu. Pendidikan karakter tidak hanya menitikberatkan pada aspek kognitif saja, namun juga menitikberatkan pada nilai-nilai dan sikap positif dalam kehidupan sehari-hari. Di sekolah, pendidikan karakter menjadi dasar pembentukan generasi yang berkualitas dan bertanggung jawab. Penerapan pendidikan karakter dengan menggunakan nilai-nilai agama di sekolah merupakan salah satu cara penerapan ajaran agama untuk membentuk karakter yang baik pada diri siswa. Melalui pendidikan karakter dengan nilai-nilai agama, siswa belajar menghargai orang lain, mengembangkan sikap empati, dan menghargai nilai-nilai moral yang diajarkan dalam ajaran agama. Melalui pendidikan karakter yang dilandasi nilai-nilai agama, peserta didik dapat menjadi individu yang berintegritas, beretika tinggi, dan mampu memberikan dampak positif di masyarakat. Pendidikan karakter dengan nilai-nilai agama juga membantu siswa memahami pentingnya menjaga hubungan baik dengan Tuhan, manusia, dan lingkungan. Oleh karena itu, pendidikan karakter dengan nilai-nilai agama di sekolah sangat berperan penting dalam membentuk generasi penerus yang beretika berakhlak mulia dan bertanggung jawab

Keywords


Pedidikan Karakter; Agama; Moral

Full Text:

PDF

References


Azis, Misfaf Abdul, and Ahmad Masrukin. 2019. “Budaya Religius Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMP Islam Ulul Albab Nganjuk.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 9(3):377–86. doi: 10.33367/ji.v9i3.1040.

Badry, Intan Mayang Sahni, and Rini Rahman. 2021. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius.” An-Nuha 1(4):573–83. doi: 10.24036/annuha.v1i4.135.

Divayana, Dewa Gede Hendra, and Gusti Ayu Dessy Sugiharni. 2016. “EVALUASI PROGRAM SERTIFIKASI KOMPUTER PADA UNIVERSITAS TEKNOLOGI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL CSE-UCLA.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 5(2):158. doi: 10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8586.

Fatimah, Siti, Eliyanto Eliyanto, and Alfi Nurul Huda. n.d. “Internalisasi Nilai-Nilai Religius Melalui Blended Learning Internalization of Religious Values Through Blended Learning.”

Oleh, Disusun, and Icha Syilvia Sunarto. n.d. “PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM JURUSAN STUDI ISLAM FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA 2022.”

Rinjani, Ersila Devy. 2017. “PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA).”

Sinaga, Sopian. 2020. “PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN SOLUSINYA.” WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 2(1):14. doi: 10.51590/waraqat.v2i1.51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.