Analisis Kegiatan Pembiasaan Untuk Membentuk Sikap Disiplin Siswa

Deva Novani, Tia Latifatu Sadiah, Depi Prihamdani

Abstract


Kegiatan pembiasaan merupakan proses pembentukan sikap dan perilaku yang relatif menetap dan secara otomatis melalui proses pembelajaran yang berulang-ulang dan dilaksanakan di luar jam pelajaran. Sikap disiplin diwujudkan disekolah pada saat pembelajaran maupun diluar pembelajaran dengan cara siswa datang tepat waktu kesekolah, melaksanakan tugas-tugas yang menjadi tanggungjawabnya, duduk pada tempat yang telah ditetapkan, menaati peraturan kelas dan berpakaian rapi. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa kegiatan pembiasaan untuk membentuk sikap disiplin siswa di SD Negeri Karangpawitan III. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan 6 siswa kelas V. Hasil penelitian ini adalah: 1) Menganalisa kegiatan pembiasaan untuk membentuk sikap disiplin siswa SD Negeri Karangpawitan III. 2) Kegiatan pembiasaan SD Negeri Karangpawitan III terdiri atas 4 kegiatan yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan terprogram dan kegiatan keteladanan.

Keywords


Sikap Disiplin; Kegiatan Pembiasaan; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Amin. (2015). Pendidikan karakter anak bangsa.

Arkani, H. (2019). Pembentukan Kepribadian Oleh Guru Melalui Pendidikan Karakter di SMA Puspita Kabupaten Banyuasin. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, November, 84–91.

Astriani, F. A., Lestari, S., & Budiarti, M. (2020). Analisis pendidikan karakter disiplin siswa melalui kegiatan pembiasaan di SD Negeri Banjarejo. … Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 290–293. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1578

Aulina Nisak Choirun. (2022). Menanamkan Disiplin Pada Anak Usia Dini. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 271–286. https://doi.org/10.55681/nusra.v3i1.157

JASMANA, J. (2021). Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Di Sd Negeri 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 164–172. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i4.653

Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintangPentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Das. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Nurkholisah, F., Khusniyah, T. W., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Efektivitas Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasaan Siswa SD Negeri Tungkulrejo Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 5(1), 26–33.

Ramdani, D., & Setiawan, H. (2021). Analisis Muatan Nilai Karakter Pada Buku Guru Dan Siswa Kurikulum 2013 Kelas V Semester 2 Sekolah Dasar an Analysis of Character Values in the Textbooks of Teachers and Students of the Fifth Grade of Elementary School on the Second Semester. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 207–217.

Rochimi, I. F., & Suismanto, S. (2019). Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 231–246. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-02

Rosita, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2022). Pendidikan Karakter Nilai Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 449–456. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2274

Sadiah, T. L. (2019). Penggunaan media gambar pada kemampuan bercerita siswa kelas III sd negeri anggadita III. Jurnal Sekolah Dasar, 4(1), 15–20. http://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/PGSD/article/view/753

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Soheh, M., & Kulsum, U. (2021). Implementasi Moral Triangle Lickona Dalam Membentuk Karakter. AHSANA MEDIA (Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman), 7(2), 21–29. http://journal.uim.ac.id/index.php/ahsanamedia

Swihadayani, N. (2023). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Sosial Teknologi, 3(6), 488–493. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i6.810

Wayan, N. A., & Rini Purwati, N. K. (2020). Edukasi Matematika dan Sains Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Mathematics Learning Strategies Based on Characteristics of Elementary School Students. Jurnal Emasains, IX(1), 1–8.

Wiyani, N. A. (2017). Pengembangan Program Kegiatan Pembiasaan Berbasis Tqm Di Raudhatul Athfal (Ra). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1270

Wulandari, D., Yulia, Y., Havifah, B., Khosiyono, C., & Mutiah, T. (2023). Analisis Pendidikan Karakter Disiplin melalui Pembiasaan Pada Siswa Sekolah Dasar. 14(2), 85-93


Refbacks

  • There are currently no refbacks.