Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Numerasi Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar

Della Halimatussa’diyah, Ayu Fitri, Yulistina Nur DS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap numerasi siswa kelas IV A SDN Cirejag I. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental. Untuk desain yang digunakan yaitu one group pretest posttest. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IV A sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu menggunakan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Paired Sample T-Test menggunakan software SPSS 29 diperoleh nilai sig. (2-sided) sebesar < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap numerasi siswa kelas IV A di SDN Cirejag I.

Keywords


Numerasi; Model Realistic Mathematics Education (RME); Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Dea Kamelia Sholikha, Rulviana, V., & Rohmanurmeta, F. M. (2022). Pengaruh Model Contextual Teaching Learning Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 114–121. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4236

DS, Y. N., Anggraeni, S. W., Prawiyogi, A. G., Asmara, A. S., & Wati. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2), 356–363.

Fitri, A., & Herman, T. (2023). Analysis of Numeracy Literacy Ability in Fifth Grade Students of SD Negeri Pinayungan V. International Conference on Elementary Education, 5(1), 82–90.

Latifah, & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003

Mubarokah, N. L., Khuzaini, N., & Suhartati. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 3(1), 82–86. https://doi.org/10.47233/jpst.v3i1.1525

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1568

Puspiali, R., Nurasiah, I., & Khaleda, I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Di SDN 1 Cicurug Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan(JISIP), 7(3), 2489–2496. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5480/http

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA

Della Halimatussa’diyah, Ayu Fitri, Yulistina Nur DS

dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi.

Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–12.

Rahmah, S., Dalila, A. A., Liliawati, W., & Setiawan, A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi dalam Model Inkuiri terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 393–401. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.50838

Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya Kemampuan Numerasi Bagi Siswa. SINAPMASAGI (Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi), 2(1), 44–48. http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/92


Refbacks

  • There are currently no refbacks.