Realistic And Child Friendly Learning Models Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 SDN Manguharjo Kota Madiun

Suci Eva Berliana, Eka Nofri Ari Yanto, Suyanti Suyanti

Abstract


Sebuah inovasi untuk memperbaiki sebuah metode dalam proses pembelajaran sehingga mampu meningkatkan kemauan serta keinginan siswa terhadap sebuah pembelajaran tersebut. Dengan metode Realistic And Child Friendly Learning Models (RCLFM) diharapkan mampu menyempurnakan metode-metode sebelumnya sehingga mampu menjadikan sebuah terobosan untuk mempermudah dalam meningkatkan hasil belajar seorang anak dalam proses belajar mengajar. tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana  hasil belajar siswa saat diterapkannya metode Realistic And Child Friendly Learning Models pada pembelajaran tematik materi penyajian data diagram gambar. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan mengunakan angket untu pengambilan data. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 39. Hasil penelitian, diperoleh nilai t hitung sebesar 2.631 > yang lebih besar dari t tabel 1,686 dan didukung dengan nilai sig sebesar 0,012 yang lebih kecil dari alpha 0,05. Maka dari itu, terdapat pengaruh signifikan pada Realistic And Child Friendly Learning Models (RCLFM) terhadap Hasil Belajar.

Keywords


Realistic And Child Friendly Learning Models (RCLFM), Metode Pembelajaran, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


A’yun, N. Q., & Hidayah, R. (2019). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Unesa Journal of Chemical Education, 8(3), 10.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta.

Fitri Murni, Happy Karlina Marjo, & Endang Wahyuningrum. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif Pada Pembelajaran Matematika Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar Universitas Terbuka Jakarta, 6(2).

Pujaastawa, & Ida Bagus Gde. (2016). Teknik Wawancara dan Observasi untuk Pengumpulan Bahan Informasi. Universitas Udayana.

Setyaningsih, N., Rejeki, S., & Ishartono, N. (2019). Mengembangkan Model Pembelajaran Realistis dan Ramah Anak untuk Pengajaran Matematika. 2, 79–88.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulastri. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Rme (Realistic Mathematics Education) Siswa Kelas Ix A Smp Negeri 04 Bumiayu Semerter 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika , 4(3).

Yuni Arrifadah. (2014). Pembelajaran Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Luas dan Keliling di Kelas V Sekolah Dasar. Program Pascasarjana UNESA Surabaya.

Yurni, Y., & Hariati. (2022). Pengaruh Stimulasi Tugas Terhadap Motivasi dan Pemahaman Membaca Mahasiswa Dengan Rancangan One Shot case study. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.