Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar

Surya Saputra, Eka Nofri Ari Yanto, Suyanti Suyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) elektronik terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen yaitu pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Nambangan Kidul yang berjumlah 28 yang terdapat di kelas IV A dan IV B. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah jumlah keseluruhan siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 14 siswa di setiap kelasnya. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel karena jumlah populasi kurang dari 30 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan tes pre-test dan post-test sebagai pengumpulan data responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka terbukti pada perolehan nilai rata-rata tes siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas kontrol. Rata-rata nilai tes eksperimen sebesar 89,00 dan kelas kontol sebesar 82,29. Perolehan tersebut diperkuat berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan syarat hasil sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu sig. 0,011 < 0,05 dengan hasil hipotesis s Ha diterima dan  H0 ditolak. Sehingga hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) elektronik terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 01 Nambangan Kidul.


Keywords


LKPD Elektronik, Pelajaran IPAS, Hasil Belajar IPAS

Full Text:

PDF

References


Ambyar, Sari, R. E., Sari, L. M., Saragih, F. M., & Ridhani, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Journal on Education, 05(02), 3950–3957.

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Nurliawaty, L., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Solving Polya. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9183

Pratama, A. Y., Chasanatun, F., & Lestari, S. (2023). Pengaruh E-Modul (Elektronik LKPD) Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 1479–1487.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952


Refbacks

  • There are currently no refbacks.