Pengembangan Media Komik pada Mata Pelajarana IPAS untuk Sekolah Dasar

Sultan Dzaky Fawas El Hafi, Rissa Prima Kurniawati, Pinkan Amita Tri Prasasti

Abstract


Penggunaan media komik digital menawarkan beragam keunggulan, seperti visualisasi yang menarik, kemampuan untuk mengintegrasikan teks dan gambar secara harmonis, serta fleksibilitas dalam penyampaian informasi. Metode pengembangan yang efektif melibatkan tahap perencanaan, pengumpulan materi, pembuatan storyboard, pembuatan konten digital, hingga pengujian dan evaluasi. Manfaat penggunaan media komik digital dalam pembelajaran IPA untuk siswa SD sangat signifikan. Dengan visualisasi yang menarik, siswa cenderung lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Selain itu, komik digital dapat meningkatkan pemahaman konsep-konsep IPA melalui narasi yang menarik dan penggunaan gambar yang mendukung. Integrasi teknologi dalam pembelajaran juga dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan digital mereka sejak dini. Penelitian dan pengembangan lebih lanjut dalam hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di tingkat SD. Dengan penerapan media komik digital yang tepat, diharapkan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan efektif bagi siswa SD dalam memahami konsep-konsep IPA secara menyeluruh.


Keywords


Komik Digital, Pembelajaran IPAS

Full Text:

PDF

References


Ahmad Zaki, D. Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618

Atapukang, N. (2016). Kreatif Membelajarkan Pembelajar dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Tepat sebagai Solusi dalam Berkomunikasi. Jurnal Media Komunikasi Geografi, 17(2), 45–52.

Hidayat, P. (2014). Pentingnya konsep dasar sains pada pendidikan tingkat SD/MI dalam mengejar kemajuan teknologi. Al-Bidayah, 6(2), 273–290.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Khadar, R. S. F., Rahmat, D., & Saepuloh, L. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMP Muhammadiyah Sukabumi. Berajah Journal, 2(3), 410–418.

Kudadiri, S. (2023). Pengembangan Komik Digital Materi Budaya Lokal pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3140–3147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6121

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Nurfadillah, S., & Azhar, C. R. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI PINANG 1. 3(April), 153–163.

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Untuk Meningkatkan Academic Skill Pada Mahasiswa. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 231. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p231-238

Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas penggunaan media komik digital (cartoon story maker) dalam pembelajaran tema selalu berhemat energi. Jurnal PANCAR, 2(1), 14–18.

Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa (Forming the Character of Caring for the Environment in Elementary School Students through Science Learning). Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 207–212. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3382%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3382/2182

Septiasari, E. A., & Sumaryanti, S. (2022). Pengembangan tes kebugaran jasmani untuk anak tunanetra menggunakan modifikasi harvard step test tingkat sekolah dasar. Jurnal Pedagogi Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.21831/jpok.v3i1.18003

Sirait, E. Y., & Oktaviani, C. (2023). Problematika Kurangnya Media Pembelajaran di Sekolah. KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia Dan Pendidikan Kimia, 5(2), 27–31. https://doi.org/10.33059/katalis.v5i2.6734

Siregar, A., & Siregar, D. I. (2021). ANALISIS EVALUASI PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA Manajemen Informatika , Politenik Negeri Sriwijaya Media komik merupakan media yang sederhana sering diartikan sebagai cerita bergambar hampir serupa media belajar fotografi . Komik sebagai media pem. 2(1), 114–126.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.