Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Menggunakan Media Game Wordwall Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Gaya Gravitasi SDN 04 Klegen

Siti Nur Khofifa, Purwandari Purwandari, Setyaningsih Setyaningsih

Abstract


Penelitian ini dilakukan sebagai tanggapan terhadap masalah yang muncul, yaitu kurangnya minat belajar siswa yang disebabkan oleh kebosanan dalam proses pembelajaran. Sebagai solusi, peneliti memutuskan untuk menggunakan media pembelajaran baru, yaitu game Wordwall. Dalam kelas 4 SDN 04 Klegen, siswa menunjukkan keaktifan yanglebih besar dalam belajar saat diperkenalkan dengan hal-hal baru yang sebelumnya belum mereka temui. Penggunaan game Wordwall berhasil menarik minat siswa dan meningkatkan semangat mereka dalam pembelajaran. Guru kelas tersebut sering menggunakan media-media yang tersedia di sekitar, maka peneliti memutuskan untuk memberikan inovasi dengan mengintegrasikan media gameWordwall sebagai tambahan. Ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa, minatbelajar, dan hasil pembelajaran mereka dalam mata pelajaran IPAS dengan fokus pada materi tentang gaya di sekitar kita. Penelitian ini mengikuti tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil akhir menunjukkan bahwa sebelum menggunakan game Wordwall, hanya 3 siswayang mencapainilai KKM. Namun, padas iklus pertama, jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 4 dengan rata-rata nilai 64. Pada siklus kedua, hasil belajars iswa meningkat signifikan dengan rata-rata nilai 83. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media gameWordwall efektif dalam menarik minat siswa dan meningkatkan hasil belajar mereka.


Keywords


Hasil Belajar, Media Game Wordwall, IPAS

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta.

Ananda, Rizki. 2017. Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa kelas IV SD Negeri 016 Bangkinan Kota. Jurnal Basicedu Volume 1 Nomor 1.

Wardani, I G A K, dan Wihardit, Kuswaya. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Edisi 1. Universitas Terbuka. Tangerang Selatan.

Suyadi. 2009. Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Power Books (Ihdina).

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Fidya, Ihfanti, and Eva Oktaviana. “Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Game Interaktif,” n.d., 9.

Mohammad Fikriansyah Idzi‟ Layyinnati. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Website (Wordwall) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 07 https://doi.org/10.37286/jmp.v1i1.133.

Okta Nadia, Deni and Desyandri. “Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8, no. 2 (15 mei 2024): 1924–33. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.497.

Shofiya Launin, Wahyu Nugroho, and Angga Setiawan. “Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV.” JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 1, no. 3 (July 23, 2022): 216– 23. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.176.

Siagian, Graldo Immanuel, and Daitin Tarigan. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Matematika Kelas IV SDN 173633 Porsea.” Journal on Education 6, no. 1 (20 mei, 2024): 886–93. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.