Implementasi Model Accelerated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD

Sintya Indriasari Harnanti, Fida Rahmantika Hadi, Tiara Intan Cahyaningtyas

Abstract


Penelitian ini membahas tentang implementasi model pembelajaran Accelerated Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar (SD). Model Accelerated Learning diketahui memiliki keunggulan seperti lebih efektif dan efisien, meningkatkan waktu belajar, meningkatkan kerja sama antar siswa, dan ekonomis. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Accelerated Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model Accelerated Learning memiliki kemampuan penalaran adaptif yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa. Dengan demikian, model Accelerated Learning dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa SD. Pendekatan ini secara alami menumbuhkan dorongan siswa untuk belajar lebih aktifdan lebih banyak lagi. Accelerated learning lebih mengutamakan hasil daripada metode atau proses. Pendekatan ini biasanya bersifat luwes, menggembirakan, memiliki banyak opsi, mementingkan kerjasama, multiindrawi. Salah satu metode belajar yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah accelerated learning. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan penelitian kepustakaan menggunakan buku, naskah, artikel, dan dokumentasi lainnya.


Keywords


Model Accelerated learning, Hasil belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References


Zulfaizir (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Accelerated Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs S Darul Hikmah Aceh Besar. Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2325

Evi Nurhikmah (2022). Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Tipe MESSAGE untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia.

Pramudiani et al. (2014). Penerapan Pendekatan Accelerated Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tonronge Kabupaten Sidrap. Artikel, Jurnal HEST. DOI: https://www.j-hest.web.id/index.php DOI 10.36339/j-hest.v4i2.8

Putra (2016). Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMP. Artikel, Jurnal HEST.

Zaid Zainal (2016). Penerapan Pendekatan Accelerated Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tonronge Kabupaten Sidrap. Artikel, Jurnal HEST.Keller, T. E., Cusick, G. R., & Courtney, M. E. (2015).

Asri, R., & Suhaili, N. (2022). Accelerated learning: a study of era Covid-19 experiences to improving student motivation. Counseling and Humanities Review, 2(2), 55-62.

Aini, S. (2019). Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Penerapan Metode Accelerated Learning Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas XI SMK Negeri 1 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, 1ā€“119.

Anggraini, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning (AL) Berbasis Concept Mapping (Peta Konsep) Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN IV Koto Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, iā€“75.

Cahyani, P. D. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Accelerated Learning Dengan Type MASTER Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Skripsi, iā€“ 67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.