Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SD Muhammadiyah 1 Ngawi

Martgareta Catur ‘A.D, Vitalis Teguh Suharto, Sri Lestari

Abstract


Pendidikan karakter merupakan suatu bagian penting yang harus di tanamkan di dalam dunia pendidikan. Perubahan kurikulum di Indonesia telah sampai pada kurukulum merdeka yang mana bertujuan untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian sesuai dengan nilai-nilai pancasila atau yang disebut juga dengan Profil Pelajar Pancasila. Profil pelajar pancasila yang di bentuk oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dapat membantu menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ngawi. Pendekatan deskriptif kualitatif di gunakan pada penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data di analisis memlaui reduksi data, penyajian data dan penrikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa pendidikan karakter melalui Projek Peguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Muhaamdiyah 1 Ngawi berfokus pada pembiasaan dan projek yang menghasilkan produk. Dalam pelaksanaan Projek Peguatan Profil Pelajar Pancasila terdapat beberapa tahapan yakni perencnaan, pelaksanaan dan evaluasi

Keywords


Pendidikan Karakter, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Full Text:

PDF

References


Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67.

Dewi Rahmadayanti, A. H. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 71774–77187.

Hidayani, M. (2018). Model Pengembangan Kurikulum. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 375.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

Jannah, F. (2014). Urgensi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Journal.Stitaf.Ac.Id, 05(01), 167–184.

Kemdikbud. (2021b). Merdeka Belajar Episode 15. Www.Merdekabelajar.Kemdikbud.Go.Id. http://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/episode_15/web

Kemendikbud Ristek. (2021). Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108.

Kementerian Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022). Kementerian Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 025/H/KR/2022 Tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Jalur Mandiri pada Tahun Ajaran 2022/2023 Tahap 1.

Muhassanah, N., Rizal, M. N., & Inayah, S. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di TPA Raudhotul Jannah. Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(1), 21–40.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086.

Shalikha, P. A. A. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Putri Ayu Anisatus Shalikha. Pendidikan Ekonomi, 15(2), 86–93.

Sukatin, S., Munawwaroh, S., Emilia, E., & Sulistyowati, S. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Anwarul, 3(5), 1044–1054.

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132.

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.