Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Konkrit Terhadap Siswa Kelas II SDN 05 Madiun Lor

Shindy Pandu Pratiwi, Elly’s Mersina Mursidik, Djoko Pramono

Abstract


Penelitian ini membahas tentang model Problem-Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi satuan berat pada peserta didik kelas II SDN 05 Madiun Lor, Kota Madiun. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kolaboratif kualitatif-kuantitatif, dimana data dikumpulkan melalui tabel wawancara, observasi, evaluasi, temuan di lapangan, dan berbagai sumber yang mendukung. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus pembelajaran yang menggunakan indikator pencapaian dengan kriteria ketuntasan minimum sekolah, yaitu ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model PBL dapat diterapkan pada mata pelajaran Matematika satuan berat benda berbantuan media konkrit (timbangan), (2) Hasil belajar melalui model PBL pada Matematika materi satuan berat siklus 1 memperoleh persentase 70,4% sedangkan pada siklus 2 memperoleh persentase 96,3%. Hal ini menandakan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil dilakukan dengan menunjukkan adanya peningkatan sebesar 26,1%.

Keywords


Problem-Based Learning, Hasil Belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, dan Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37-52. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10736

Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–130. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25

Fitriani, Y. I., & Mursidik, E. M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Kartu Soal Kelas V Sd Negeri 1 Tinatar. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(1), 1-13. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/view/14803%0Ahttps://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/article/download/14803/4856

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Isrok’atun & Rosmala, A. (2019). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Lena, M. S., Netriwati, dan Aini, N. R. (2019). Metode Penelitian. Purwokerto : CV. IRDH.

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45-53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2014). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal Lppm, 2(1), 7-13. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JP-LPPM/article/view/344/316

Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3869-3888. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4342/2836

Nurrita, T. (2018). Kata Kunci: Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171-187.

Ratnasari, N., Kurniawati, R. P., Mursidik, E. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 660-665. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 92-98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602

Thobroni, M. (2016). Belajar & Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.