Pengaruh Media Animasi Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Sekolah Dasar

Sela Jihan Monica, Ivayuni Listiani, Hendra Erik Rudyanto

Abstract


Sebuah inovasi untuk memperbaiki sebuah metode dalam proses pembelajaran sehingga mampu meningkatkan kemauan serta keinginan siswa terhadap sebuah pembelajaran tersebut. Dengan metode Realistic And Child Friendly Learning Models (RCLFM) diharapkan mampu menyempurnakan metode-metode sebelumnya sehingga mampu menjadikan sebuah terobosan untuk mempermudah dalam meningkatkan hasil belajar seorang anak dalam proses belajar mengajar. tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa saat diterapkannya metode Realistic And Child Friendly Learning Models pada pembelajaran tematik materi penyajian data diagram gambar. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan mengunakan angket untu pengambilan data. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 39. Hasil penelitian, diperoleh nilai t hitung sebesar 2.631 > yang lebih besar dari t tabel 1,686 dan didukung dengan nilai sig sebesar 0,012 yang lebih kecil dari alpha 0,05. Maka dari itu, terdapat pengaruh signifikan pada Realistic And Child Friendly Learning Models (RCLFM) terhadap Hasil Belajar.

Keywords


Media Animasi, Menceritakan Kembali

Full Text:

PDF

References


Anisah, N., Arbayah, & Sjamsir, H. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DENGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DI TK RUHUI RAHAYU SAMARINDA. BEduManagers Journal : Borneo Educational Management and Research Journal, 4(1), 89–105.

Septidear, V., Thoha, M. A. R., & Kartini, H. (2021). Pemanfaatan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Siswa Kelas III SDN 2 Pakisaji Kab. Malang. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1–9.

Bahrun, N. A., Akib, E., Arief, T. A., & Hambali, U. (2022). Pengaruh Metode Story Telling Dengan Media Panggung Bonekaterhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Sangir Kota Makassar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1385–1394.

Yafa, R. A., Mursidah, F., & Hidayatulloh, B. (2023). Systematic Literature Review: Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. SNHRP, 5, 163-177.

Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan media pembelajaran video animasi materi volume bangun ruang untuk SD kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893-903.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran video berbasis animasi mata kuliah ilmu bahan bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9-18.

Ismawati, S., & Mustika, D. (2021). Validitas Media Video Berbasis Animasi Dalam Pembelajaran Tematik. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 291-297.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran video berbasis animasi mata kuliah ilmu bahan bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9-18.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.; 2019

Faujiah, N., Septiani, S. N., & Putri, T. (2022). Kelebihan dan kekurangan jenis-jenis media. JUTKEL: Jurnal Telekomunikasi, Kendali Dan Listrik, 3(2), 81-87.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.