Profil Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Volume Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent

Safrinatu Zahro, Sardulo Gembong, Rissa Prima Kurniawati

Abstract


Siswa kelas V SDN 01 Mojorejo memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyelesaikan masalah terutama dalam menyelesaikan soal volume kubus dan balok. Perbedaan tersebut dapat diketahui berdasarkan gaya kognitif siswa. Untuk mengetahui jenis gaya kognitif siswa dilakukan tes  GEFT. Berdasarkan hasil tes tersebut diketahui bahwa sebagian besar siswa kelas V memiliki jenis gaya kognitif field dependent. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah volume kubus dan balok ditinjau dari gaya kognitif field dependent. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa kelas V SDN 01 Mojorejo yang memiliki jenis gaya kognitif field dependent dengan kemampuan menyelesaikan masalah tinggi dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa FD dengan kemampuan tinggi sudah mampu menguasai keseluruhan langkah penyelesaian berdasarkan teori polya namun siswa FD dengan kemampuan rendah hanya dapat menguasai dua dari empat tahapan menyelesaikan masalah berdasarkan teori polya.

Keywords


Gaya Kognitif Field Dependent, Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Full Text:

PDF

References


Amini, A (2021) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Gaya Kognitif (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)

Arifin, S., & Asdar, A. R. (2015). Profil pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif dan efikasi diri pada siswa kelas VIII unggulan SMPN 1 Watampone. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 20-29.

Jaya, I Made Laut Mertha. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Quadrant.

Kurniawati, R. P., & Hadi, F. R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Sekolah dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan NEWMAN. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 891-902.Williams, J. H. (2019). Employee engagement: Improving participation in safety. Professional Safety, 53(12), 40-45.

Nasution, M.I.A (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Kuala (Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh)

Saraswati, R. A., & Putranto, S. (2022). Analysis of Critical Thinking Skills in Solving Mathematical Problems in Terms of Field Independent and Field Dependent Cognitive Styles. Indonesian Journal of Mathematics Education, 4(1), 12-22.

Siti Hajar, dkk, “Karakteristik Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa”, Jurnal IMED, Vol. 2, No. 1, (2018)

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Pratiwi, S. D; Budiarto, M. T. (2014). Profil Metakognisi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Siska Dyah Pratiwi Mega Teguh Budiarto. MATHEdunesa, 3(2), 179–186

Vendiagrys, L., & Junaedi, I. (2015). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika soal setipe timss berdasarkan gaya kognitif siswa pada pembelajaran model problem based learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1).

Wulandari, W.S (2019) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Rambipuji (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Jember Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.