Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Canva Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Nambangan Kidul

Safira Ratri Nilamsari, Dewi Tryanasari, Vivi Rulviana

Abstract


Sering dijumpai rendahnya pemahaman konsep sains siswa karena guru yang hanya memberikan pelajaran dengan ceramah, jarang melakukan eksperimen, serta kurangnya pemahaman guru terhadap konsep sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep sains siswa melalui model project based learning. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep sains dari setiap siklusnya. Pada siklus I persentase ketuntasan 64,28%, dan pada siklus II persentase ketuntasan naik menjadi 78,57%. Dapat disimpulkan bahwa model project based learning dengan berbantuan media Canva dapat meningkatkan pemahaman konsep sains siswa dalam pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 01 Nambangan Kidul.


Keywords


Pemahaman Konsep Sains, Project Based Learning, Canva

Full Text:

PDF

References


Adbo, K., & Vidal Carulla, C. (2020). Learning About Science in Preschool: Play-Based Activities to Support Children’s Understanding of Chemistry Concepts. International Journal of Early Childhood, 52(1), 17–35. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00259-3

Guo, Y. (2015). Exploring Preschool Children’s Science Content Knowledge. 26(1), 125–146. https://doi.org/10.1080/10409289.2015.968240.Exploring

Sastrika, I. A. K., Sadia, W., & Muderawan, I. W. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KIMIA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:142732733

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 73. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.292

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Dinamika Pendidikan, 02(1), 38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.