Efektivitas Media Pembelajaran Roda Pintar Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Zenita Agustin, Dahlia Novarianing Asri, Raras Setyo Retno

Abstract


Penggunaan Media Roda Pintar Membaca saat ini menjadi media pembelajaran yang sangat menarik terlebih digunakan pada pembelajaran di kelas 1, Media pembelajaran ini berisi berbagai huruf konsonan dan juga huruf vokal, media pembelajaran tersebut dapat membantu peserta didik dalam proses belajar membaca permulaan agar nantinya peserta didik dapat membaca dengan baik dan benar. Dalam penelitian ini penulis mengambil tema dan tujuan untuk menganalisis keefektivan penggunaan media roda pintar membaca terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 sekolah dasar.

Pendekatan penelitian yang digunakan penulis dalam penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kuantitatif Pre-Experimental dengan design One Group Pretest-Posttest, dimana penelitianya hanya dilakukan pada satu kelas yang menjadi kelas eksperimen. Yaitu dilakukan pretest adalah tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa sebelum perlakuan diberikan, sementara posttest adalah tes yang dilakukan setelah perlakuan diberikan. Kemudian Teknik yang dilakukan untuk menguji hipotesis yaitu dengan melalui Uji Paired Sample T-Test. Kesimpulan dari hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini yaitu melalui penerapan media roda pintar membaca pada siswa kelas 1 di SDN 02 Nambangan Kidul terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan.


Keywords


Media Roda Pintar Membaca, Kemampuan Membaca Permulaan.

Full Text:

PDF

References


Al febri putri damayanti, C. r. (2023). Penggunaan Media Papan Pintar Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45-50.

Amelia Putri Wulandari, A. A. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 3928-3936.

Angely Noviana Ramadani, K. C. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 749-756.

Asratul Hasanah, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang dihadapi siswa sekolah dasar. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan , 3296-3307.

Azka salma, i. n. (2024). penggunaan media roda pintar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas 1 sd. jurnal on education, 11943-11950.

Dina Putri Ariyani, F. H. (2023). Analisis Kesulitan Membaca pada siswa kelas 1 SD Kaliwungu. Muara Pendidikan, 363-369.

Hania Sonia, B. B. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Kincir Pintar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II di MIN 03 Rejang Lebong. 2023.

Hikmawati, O. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Roda Baca Pintar pada Membaca Permulaan Siswa kelas 1 di SDN Cilegon X. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 213-225.

Jenny Ramadona Putri Ardi Yudha, S. S. (2021). MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE TERHADAP CAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA. Journal of Telenursing (JOTING), 538-545.

Nurfalah Sari, D. R. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Media Roda Pintar Kelas B di TK Raden Ajeng Kartini Sei Rota TA 2021/2022. Cybernetics: Jurnal Educational Research and Social Studies, 48-56.

Riska Septiana, e. f. (n.d.). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada siswa kelas II sekolah dasar. berajah jurnal, 58-62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.