Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPAS

Cony Anggelia Putri, Vivi Rulviana, Sri Lestari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap pemahaman konsep IPAS siswa kls 5 SDN Manguharjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimen. Hasil terdapat pengaruh yang signifikan 0,84 penggunaan model Project Based Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah yang menjadi subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 5 SDN Manguharjo yang berjumlah 50 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu 5 A dan 5B.Model Project Based Learning terdapat perbedaan yang signifikan hal ini dilakukan pada hasil nilai standar deviasi 6,002. Sedangkan penelitian terhadap pemahaman konsep IPAS di kelas kontrol menggunakan model konvensional memperoleh nilai standar deviasi 5,243. Dilihat dari hasil yang diperoleh siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sangat jauh berbeda. T hitung pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 2,514 >2,010. Sedangkan pada kelas kontrol 2,526> 2,010. Jadi kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Keywords


Based Learning; Pemahaman Konsep IPAS

Full Text:

PDF

References


Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Mamuaya, Nova Ch., B. I. M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaraan IPAS MI/SD. Peran Kepuasan Nasabah Dalam Memediasi Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah, 2(3), 310–324. https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12

Mukhammad Nur Chasani, & Agung Suci Dian Sari. (2023). Implementation of Project Based Learning (PJBL) Model with the Assistance of Media E-Learning Chamilo to Improve Student’s Understanding of Physics Concepts. SAGA: Journal of Technology and Information System, 1(1), 5–8. https://doi.org/10.58905/saga.v1i1.12.

Cony Anggelia Putri, Vivi Rulviana, Sri Lestari

Mulyadi, D., Wahyuni, S., & Handayani, R. (2016). pengembanagan media flash flipbook untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296-301–301.

Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974

Rahmat, F. L. A., Suwatno, S., & Rasto, R. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams Games Tournament (Tgt): Meta Analisis. Jurnal MANAJERIAL, 17(2), 239. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.11783

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Septiana, A. N. I. M. A. W. (2023). Analisis Kritis Materi Ips Dalam Pembelajaran Ipas Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43–54. file:///C:/Users/hp/Downloads/3479-7788-1-PB (2).pdf

Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Utami, Z. L. (2019). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika ( INPAFI ). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 7(3), 38–46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.