Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Outdoor Learning Kelas IV SD

Aqualira Nirbita Safa Maulida, Cerianing Putri Pratiwi, Vivi Rulviana

Abstract


Penelitian ini tentang penerapan keterampilan menulis puisi melalui metode outdoor learning kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana penerapan keterampilan menulis puisi melalui metode outdoor learning kelas IV SD dan untuk meningkatkan keterampian menulis puisi melalui metode outdoor learning kelas IV SD. Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan jenis penelitian ini. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tladan 1 yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data kegiatan pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode outdoor learning untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN Tladan 1. Adanya peningkatan pada siklus I nilai rata-rata kelas dari 72,6 menjadi 81 pada siklus II dan presentase ketuntasan siklus I 41,6 menjadi 83,3 pada siklus II. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV SDN Tladan 1 menggunakan metode outdoor learning.


Keywords


Keterampilan menulis puisi; metode outdoor learning

Full Text:

PDF

References


Badriyana, S., Maidiyah, E., & Zubaidah, T. (2023). Penerapan Metode Outdoor Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Statistika di SMPN 8 Satu Atap Cekal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 8(1), 62–70.

C, N. R., & Hamdu, G. (2017). Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning (Vol. 4, Issue 1, Pp. 178–186).

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Febriani, A., Lubis, D. C., Parapat, K. M., & ... (2023). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia SD di Kelas Tinggi melalui Pembelajaran STEAM dengan Media Cerita Animasi. … Dunia: Jurnal Riset …, 2(3), 114–123. https://journal.unimaramni.ac.id/index.php/insdun/article/view/990%0Ahttps://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/insdun/article/download/990/806

Irani, A., & Febriyana, M. (2023). … Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Outdoor Learning Pada Siswa Kelas X …. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 147–153. http://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/256%0Ahttp://jurnal.pbsi.unibabpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/download/256/165

Lestari, S., Wiguna, M. Z., & Yuniarti, N. (2022). Metode Pembelajaran Outdoor Learning Pada Siswa Smp Negeri 16 Pontianak. 3(2), 28–39.

Primayana, K. H. (2022). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 50-54. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i1.1542

Qadaria, L., Rambe, K. B., Khairiah, W., Minta, R., Pulungan, I., Zahratunnisa, E., Fakultas, M., Tarbiyah, I., Keguruan, D., Sumatera, U., & Medan, U. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Keterampilan Menulis Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(3), 97–106. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1675

Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia,9(2),113-122.https://ejournalpasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/3531/pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.