Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Berbantuan Video Animasi Pada Peserta Didik Kelas V

Dewi Pertiwi Aghel, Tarpan Suparman, Andes Safarandes Asmara

Abstract


Penelitian ini didasarkan dari hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas V SDN Karangpawitan 1 Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPAS berbantuan video animasi pada materi bumiku saying bumiku malang. Jenis penelitian ini adalah eskperimen dengan desain nonequevalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SDN Karangpawitan 1 dan sampel pada penelitian teridri dari 2 kelas yaitu kelas VA sebagai kelas control dan Kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil yang diamati adalah dari hasil post-test. Hasil penelitian menunjukkan rerata hasil belajar peserta didik pada pre-test kelas eksperimen sebesar 30,86 dan meningkat pada hasil post-test sebesar 66,93. Secara uji statistik thitung > ttabel yaitu 11,976 > 2,052 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak sehinggah dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap hasil belajar IPAS berbantuan video animasi pada peserta didik kelas V SDN Karangpawitan 1,Karawang Barat, Karawang. Dapat disarankan kepada guru menggunakan model Problem Based Learning berbantuan video animasi, diharapkan dapat dipergunakan sebagai inovasi serta penyempurnaan pada proses pembelajaran.


Keywords


Hasil Belajar; Problem Based Learning; IPAS

Full Text:

PDF

References


Aghel, D. P. (2023). Kajian Literatur Mengenai Hasil Belajar IPA dengan Model PBL (Problem Based Learning) pada Siswa Sekolah Dasar. JS Jurnal Sekolah, 4(1), 88–100. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/article/view/44028

Agustina, E. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Audiovisual pada Siswa Kelas V Tambakaji 05 Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Asmara, A. S., Prawiyogi, A. G., DS, Y. N., & Anwar, A. S. (2023). Pelatihan & Pendampingan Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android dan Web-Blog. Jurnal Buana Pengabdian, 5(1), 100–108. https://scholar.google.com/scholar?start=20&q=andes+safarandes+asmara+ubp+karawang&hl=id&as_sdt=0,5

BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk. Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. In Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order (Vol. 44, Issue 2).

Kistian, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, X(1), 92–104. https://doi.org/2301-6671/gentamulia.vx.92-104

Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3047

Nurmasari, I., Faradita, M. N., & Setiawan, F. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar. 1(1), 21–31. https://jurnalsatyawidya//v39//21-31

Permendikbud. (2016). Permendikbud Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 (Vol. 53, Issue 9, pp. 1689–1699).

Rahayu, A. P., Parmin, & P, S. D. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan. In Mimbar PGSD Undiksha. Universitas Negeri Semarang.

Wardani, W. F. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS KELAS IV MI Islamiyah Sumberrejo Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018. Institut Agama Islam Negeri Metro.

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283


Refbacks

  • There are currently no refbacks.