Efektivitas Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi Se-Kecamatan Magetan

Khorik Nur Eksan Fiana, Fida Chasanatun, Apri Karikasari HS, Nuswantari Nuswantari

Abstract


Penerapan pendidikan Pancasila yang tidak sesuai dengan hasilnya. Artinya pendidikan karakter hanya formalitas untuk memenuhi standat pendidikan di Indonesia sehingga terdapat siswa SD di kecamatanmagetan yang melakukan tindakan asusila dimesia sosial. Sehingga dibentuklah P5 untuk membentuk karakter siswa. Sehingga penelitian ini melihat tingkat efektivitas dari P5 dalam membentuk siswa SD kelas tinggi se-kecamatan magetan. Subjek penelitian ini ada 58 responden dari 139 populasi. Teknik penelitian ini mengunakan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data ada metode pokok yaitu kuesioner dan metode pendukung yaitu jurnal yang memiliki kesamaan dengan yang dikaji dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dari uji Hipotisis terdapat 80,80% mengatakan sangat setuju dan 20% tidak setuju. Jadi dapat disimpulkan H0 ditolah dan H1 diterima. Artinya Penerapan P5 Efektif Digunakan Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi Se-Kecamatan Magetan.

Keywords


Efektivitas, Projek Penguatan Profil Pelajar Pncasila, Karakter Siwa SD

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Adiarta, A. (2020). Content validity determination of the countenance-tri kaya parisudha model evaluation instruments using lawshe’s CVR formula. Journal of Physics: Conference Series, 1516(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1516/1/012047

Purwanto. (2018). Teknik penyusunan instrumen uji validitas dan reliabilitas penlitian ekonomi syariah (1nd ed.). Magelang: Staial Press.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatit Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatit Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatit Dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.