Penerapan Model Pembelajaran RADEC(Read, Answer, Discuss, Explain, Create) di SDN Sugihwaras 2

Lukman Nur Wahid, Apri Kartikasari, Dian Nur Antika Eky

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran RADEC di SDN Sugihwaras 2. Fokus kajian ini adalah penerapan model RADEC ditinjau dari kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas VI. Subjek penelitian berjumlah 7 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengetahui kondisi sebenarnya dari kasus yang diteliti. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk menguji kredibilitas data. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran RADEC berjalan dengan baik mulai dari tahap-tahapnya serta pengalaman siswa dalam memahami pembelajaran. Namun terdapat kendala yaitu siswa kurang kondusif saat berdiskusi. Berdasarkan rata-rata nilai ulangan, kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan. Keaktifan dan partisipasi siswa juga meningkat saat penerapan model tersebut di kelas. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran RADEC mampu meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI.

Keywords


Kemampuan berpikir kritis; Model pembelajaran RADEC

Full Text:

PDF

References


Djamaluddin, Ahdar, and Wardana. 2019. Belajar Dan Pembelajaran.

Hanafy, Muh. Sain. 2014. “Konsep Belajar Dan Pembelajaran.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 17(1):66–79. doi: 10.24252/lp.2014v17n1a5.

Karlina, Dina, Wahyu Sopandi, and Atep Sujana. 2020. “Critical Thinking Skills of Fourth Grade in Light Properties Materials through the Radec Model.” The 2nd International Conference on Elementary Education 2:1743–53.

Khoerunnisa, Putri, and Syifa Masyhuril Aqwal. 2020. “Analisis Model-Model Pembelajaran.” Fondatia 4(1):1–27. doi: 10.36088/fondatia.v4i1.441.

Lasari, Rosi Nova, Wirawan Fadly, Presa Fatmatiara Nuranisak, and Aziza Karenina. 2023. The Effectiveness of Radec Learning on Critical Thinking and Creative Thinking in the Era of Super Smart Society 5.0. Atlantis Press SARL.

Mulyati, Sri, and Dhurrotun Nafisyah. 2021. “Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Agama Siswa Melalui Metode Diskusi Di Sekolah Dasar.” Journal of Basic Education Research 2(3):65–69. doi: 10.37251/jber.v2i3.197.

Pohan, Anugerah Agung, Yunus Abidin, and Andoyo Sastromiharjo. 2020. “Model Pembelajaran RADEC Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa.” Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV 496:250–58.

Pratama, Yoga Adi, Wahyu Sopandi, Yayuk Hidayah, and Meiwatizal Trihatusti. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran RADEC Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 6(2):191–203. doi: 10.22219/jinop.v6i2.12653.

Setiawan, Dadan, Tatat Hartati, and Wahyu Sopandi. 2019. “KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL READ, ANSWER, DISSCUSS, EXPLAIN, AND CREATE.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4.

Setiawan, Tri Yudha, Destrinelli, and Bunga Ayu Wulandari. 2022. “Keterampilan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Radec Di Sekolah Dasar.” Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi 5(2):133.

Sopandi, Wahyu, Atep Sujana, Rendi Restiana Sukardi, and Cucun Sutinah. 2023. MODEL PEMBELAJARAN RADEC (Teori Dan Implementasi Di Sekolah). UPI Press.

Suratno, Kamid, and Yulita Sinabang. 2020. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi(HOTS) Ditinjau Dari Motivasi Belajar SIswa.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1(2):127–39. doi: 10.38035/JMPIS.

Suryani, Nina Dwi. 2022. Mengenal HOTS (High Order Thinking Skills) Dalam Pendidikan. Media Nusa Creative.

Susanti, Rima Maya, Rokayah, and Kusmawan. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran RADEC Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar.” 08(September):5491–5516.

Sutikno, M. Sobry. 2019. Metode & Model-Model Pembelajaran. Team Holistica.

Tulljanah, Rahmia, and Risda Amini. 2021. “Model Pembelajaran RADEC Sebagai Alternatif Dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar: Systematic Review.” Jurnal Basicedu 5(6):5508–19. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1680.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.