Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Materi Keanekaragaman Budaya Indonesia dengan Media Patara Budaya Siswa Kelas IV SD

Nita Handayani, Endang Sri Maruti, Heny Kusuma Widyaningrum

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN Pacing 2 Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran dengan penggunaan media Pembelajaran Papan Ragam Budaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SDN Pacing 2 Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2023/2024, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mencapai KKM 65 pada siklus I sebesar 90% meningkat menjadi 100% pada sisklus II hal ini mengalami peningkatan sebesar 10% dengan demikian hasil tersebut telah memenuhi target yang diteapkan oleh peneliti sebesar 70%.

Keywords


media pembelajaran Papan Ragam Budaya; media belajar; IPAS kelas IV

Full Text:

PDF

References


Fitri, Amalisa, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Republik Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV 2021

Keutusan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Assesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022 Tentang Capaian pembelajaran

Nurfadhillah, Septy. Media Pembelajaran. Cetakan 1: Yayasan Kita Menulis, CV Jejak, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/MEDIA_PEMBELAJARAN_Pengertia_Media_Pemb/zPQ4EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+ media+pembelajaran&printec=frontcover.

Rusman. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana. 2017. https://www.google.co.id/books/edition/Belajar_Pembelajaran/mKhADwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Belajar+dan+Pembelajaran+Berorientasi+ Standar+Proses+Pendidikan,&printsec=frontcover

Santrianawati. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish. 2018. https://www.google.co.id/books/edition/Media_dan_Sumber_Belajar/23NRDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Media+sebagai+benda+yang+dapat+dilihat,+didengar,+atau+dibaca&pg=PA6&printsec=frontcover

Handayani, Maruti, dan Widyaningrum

Saryanto., Inovasi Pembelajaran Merdeka Belajar. Bandung: Cv Media Sains Indonesia, 2022. 117 https://www.google.co.id/books/edition/Inovasi_Pembelajaran_Merdeka_Belajar/HiSIEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Permendikbudristek+No.+5+Tahu n+2022&pg=PA159&printsec=frontcover.

Satria, Rizky., Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. 2022.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, PRENADAMEDIA GROUP : Jakarta. 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.