Penggunaan Model Pembelajaran TPS berbantuan Aplikasi GeoGebra sebagai Alat Visualisasi

Marta Adiansyah, Mareta Lukky, Jestri Tubara, Shely Ayu Lestari

Abstract


Perkembangan Teknologi sekarang sangatlah pesat diberbagai bidang terutama Bidang Pendidikan. Matematika merupakan salah satu ilmu yang terpenting dalam perkembangan teknologi saat ini yang dikarenakan ilmu matematika menjadi salah satu ilmu yang mendasari perkembangan teknologi modern karena bersifat universal. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) yang didukung oleh aplikasi geogebra dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa. Melalui metode quasi-eksperimen, ditemukan bahwa penggunaan GeoGebra sebagai alat bantu visualisasi dalam TPS secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep matematika dan partisipasi siswa dibandingkan metode konvensional. Geogebra juga dapat memvisualisasikan materi matematika secara menarik sehingga peserta didik memiliki motivasi serta semangat dalam mempelajari matematika. Hasil ini menunjukkan bahwa TPS berbantuan Geogebra efektif dalam pembelajaran matematika. Makalah ini menyajikan cara menvisualisasikan penggunaan aplikasi Geogebra dengan cara menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS).

Keywords


Think pair share; geogebra; visualisasi; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Aydos, M. (2015). The Impact of Teaching Mathematics with Geogebra on The Conceptual Understanding of Limits and Contiunity The Case of Turkhis Gifted and Talented Students. Master

Fadhilah, Fatmawati Nur, (2014), “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Kompetensi Dasar Surat Menyurat Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI Di SMK PGRI 2 Salatiga”, Economic Education Analysis Journal, 2(3), Dikutip dari situs: http://journal,unnes,ac,id/sju/index,php/eeaj,

Adiansyah, Lukky, Tubara, Lestari

Fitriasari, Putri, (2017), “Pemanfaatan Software Geogebra dalam Pembelajaran Matematika”, e-Journal Universitas Islam Negeri Raden Fatah, DOI: 10,19109/jpmrafa,v3i1,1441

Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y.,& Lavicza, Z. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software Geogebra. 11th International Congress on Mathematical Education. Mexico.

indaryani, ummi. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Majerek, D. (2014). Application of Geogebra for Teaching Mathematics. Advances in Sciences Technology Research Journal, 8(24), 51–54.

Nari, Nola, (2017), “Penggunaan Software Geogebra Untuk Perkuliahan Geometri”, IAIN Batu Sangkar,

Nurani, (2018), “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Geogebra” Prosiding Koferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPM) III 2018,

Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Prisma.

Pradana, Ribut Yuda, (2022), “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Prestasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama”, Jurnal Jendela Pendidikan, 1(1), Dikutip dari situs: https://www,ejournal,jendelaedukasi,id/index,php/JJP,

Sari, P., Hadiyan, A., & Antari, D. (2018). Exploring Derivatives by Means of GeoGebra. International Journal on Emerging Mathematics Education, 2(1), 65.

Shadaan, P. and L. K. E. (2013). Effectiveness of Using Geogebra on Students’ Understanding in Learning Circles. The Malaysian Online Journal of Educational Technology, 1(4).

Tanzimah, (2019), “Pemanfaatan Geogebra dalam Pembelajaran Matematika”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang,

Widayanti, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.