Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Pembelajaran Matematika

Deni Romadhani Saputri, Rissa Prima Kurniawati, Pinkan Amita Tri Prasasti

Abstract


Pengembangan media pembelajaran interaktif mampu mempermudah siswa ketika pemahaman materi menjadi lebih baik. Media pembelajaran interaktif disesuaikan kebutuhan yang diperlukan siswa.  Tujuan dari penelitian yang dilakukan mengenai media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash pada pembelajaran matematika yaitu seperti berikut: 1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash terutama di pembelajaran matematika, 2) agar mengetahui apakah pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash pada pembelajaran matematika tepat dengan kebutuhan siswa. Penelitian yang dilakukan dengan model ADDIE, dilakukan mulai tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana pengembangan produk yang dihasilkan dan melakukan perhitungan skor persentase kelayakan yang didapat ahli media. Hasil diperoleh adalah 1) penelitian yang dilakukan memperoleh produk pengembangan yaitu media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash pada pembelajaran matematika dengan desain pengembangan ADDIE, 2) hasil validasi diperoleh melalui tiga orang ahli untuk mendapati kelayakan produk media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash pada pembelajaran matematika memperoleh kategori layak.


Keywords


Media Pembelajaran Interaktif; Adobe flash; Matematika

Full Text:

PDF

References


Agustiningrum, I. A., Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2023). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1596. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2628

Anwar, S., & Anis, M. B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 99. https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.6940

DianTrilaksono, D. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL BERBASIS LITERASI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA. 7(2), 180–191.

Eri Karisma, I. K., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458

Hidayat, T., Kurniawati, R. P., & Marlina, D. (2023). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Peran Media Papan Penarikan Akar Pangkat Tiga (PAPA ANGGA) untuk Meningkatkan Keterampilan Matematika pada Siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 938–944.

hidayatul maulida, wahyu sukartiningsih. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS III SD Abstrak.

Kharisma, V., Mursidik, E. M., & Kurniawati, R. P. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Berbasis PBL terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah dasar. Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 5258.

Kurniawati, R. P. (2017). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA KELAS II SD. 480–485.

Kurniawati, R. P., & Hadi, F. R. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN. 10(2), 891–902.

Kurniawati, R. P., Hadi, F. R., & Rulviana, V. (2018). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS COGNITIVE LOAD THEORY (CLT) PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK DI SEKOLAH DASAR. 13(4), 356–362.

Lestyorini, R. D., & Noviyanto, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika pada Materi Pecahan Berbasis Adobe Flash di Kelas V SD Negeri Kabupaten Indramayu. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 217. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.34938

Meilina, S., Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Flash Berbasis Project Based Learning Untuk Pengembangan IPAS Siswa Kelas 4. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 611. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3472

milya sari. (2019). BLENDED LEARNING, MODEL PEMBELAJARAN ABAD ke-21 DI PERGURUAN TINGG. Ta’dib, 24(2), 233–237. https://doi.org/10.19109/tjie.v24i2.4833

Novitasari, D., Listiani, I., & Prasasti, P. A. T. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Kelas V Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1586. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2617

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia Restu Rahayu 1  , Sofyan Iskandar 2 , Yunus Abidin 3. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.

Saputro, K. H., Amita, P., Prasasti, T., Raharjo, S., Pendidikan, P., Fkip, G., Pgri, U., & Padas, S. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Padas Pada Pelajaran Matematika Melalui Penggunaan Media Benda Konkret. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1593–1611.

Sutarman, A., Wardipa, I. G. P., & Mahri, M. (2019). Penguatan Peran Guru di Era Digital Melalui Program Pembelajaran Inspiratif. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 229. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2097


Refbacks

  • There are currently no refbacks.