Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Agama di SDN Mruwak 01 Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun

Kurnianto Hidayat, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran agama. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menurut tokoh Noeng Muhadjir yaitu langkah dalam menemukan dan mengatur secara sistematis yang berupa dari hasil wawancara, obsservasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, pendidikan karakter melalui pembelajaran agama di SDN Mruwak 01 dilaksanakan melalui sholat dhuha berjamaah, menghafal surat-surat pendek, dan latihan hadroh. Kedua, pelaksanaan sholat dhuha berjamaah setiap pagi pukul 07.00-07.15 WIB secara bergantian, pelaksanaan menghafal surat-surat pendek setiap hari Kamis dan Jum’at sebelum pembelajan di mulai, pelaksanaan latihan hadroh setiap hari Rabu setelah pulang sekolah. Ketiga, sholat dhuha dilakukan secara berulang dan menerus dengan tujuan agar shalat dhuha menjadi suatu rutinitas yang biasa dilakukan. Dalam pembiasaan menghafal surat pendek ini masing-masing peserta didik mempunyai target. Untuk kelas 1 sampai kelas 3 harus menghafal surat An-Naas sampai Al-Ashr. Sedangkan, untuk kelas 4 sampai kelas 6 harus menghafal surat An-Naas sampai Ad-Dhuha. Dalam acara hari besar agama seperti Isra’ Mi’raj, Maulud Nabi, Hari Santri dijadikan momentum untuk menggali seni hadroh yang sesuai dengan nilai-nilai keagamaan.


Keywords


Pendidikan, Karakter, Pembelajaran Agama

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan. 2016. Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Adi Suprayitno dan Wahid Wahyudi. 2020. Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Yogyakarta: Deepublish.

Anggito, Albi et al. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Daris Yulianto. 2020. Penguatan Pendidikan Karakter Kajian Kebijakan PPK Pendidikan Karakter Kulon Progo. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.

Haryono, Cosmas Gatot. 2020. Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Sukabumi: CV Jejak.

Nurkholis. 2013. “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi.” Jurnal Kependidikan 1(1):24–25.

Ramadhanti, Maharani. 2019. “Pembentukan Karakter Dalam Pembelajaran BCCT (Beyond Center And Circle Time).” Jurnal Educate 4(1):9.

Rijali, Ahmad. 2019. “Analisis Data Kualitatif [Qualitative Data Analysis].” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17(33):81.

Samrin. 2015. “Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia.” Jurnal Al-Ta’dib 8(1):106.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.