Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Dakosap (Dakon Satuan Panjang) Pada Materi Satuan Panjang Di Kelas IV

Citra Noharlin Salsabila, Elly’s Mersina Mursidik, Djoko Pramono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar peserta didik melalui media pembelajaran dakon satuan panjang pada pelajaran matematika materi satuan panjang di Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas. Subjek penelitian ini dilaksanakan sejumlah 28 siswa di kelas IV. Jenis tindakan tindakan penelitian yaitu pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian instrumen yang digunakan yaitu lembar hasil belajar siswa. Instrumen ini berfungsi untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada siklus pertama menggunakan media dakon satuan panjang yang didemonstrasikan melalui powerpoint dan pada siklus kedua menggunakan media konkrit yaitu media dakon satuan panjang. (2) Hasil belajar melalui media dakon satuan panjang pada pelajaran matematika di siklus I memperoleh presetase 68% dan di siklus II memperoleh presentase 89%. Ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 21%.


Keywords


Hasil belajar; satuan panjang; media dakon

Full Text:

PDF

References


Adimsyah, F. A., Fauzi, A., & Rofiq, M. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dakon Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Chalim Journal of Teaching and Learning, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.31538/cjotl.v3i1.417

Damayanti, W. (2023). Keterampilan Identifikasi Struktur Metode Artikel Ilmiah Jurnal Online bagi Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pendidikan Indonesia. 2, 553–560.

Handayani, Y., Nugraha, A. E., & Suyatmin. (2022). Pola Asuh Orang Tua Dan Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Tunas Harapan Pekawai. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 12–15. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v1i2.799

Kurniawati, Y., Purwandari, & Eko, yunay arsih. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemampuan Berhitung Pecahan Melalui Media Flip Paper Pada Siswa Kelas 2 SDN. 4, 1–7.

Madkan, Haidar, M. A., & Mumtahana, L. (2023). Gerakan Literasi Madrasah Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat baca Siswa Madrasah Tsanawiyah. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.59373/academicus.v1i1.7

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 03, 171–187.

Purwanti, yuniarti galuh, Purwandari, & Eko, yunay arsih. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Satuan Panjang melalui Media Tangga Pintar pada Peserta Didik Kelas III SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Volume, 05(03), 9115–9123. https://jonedu.org/index.php/joe/article/download/1711/1391

Sasmita, N., Dewi, N. R., & Rochmad. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika berbantu dakon satuan panjang pada materi satuan panjang. Mathematics Education Journal Vol., 1(1), 1–8.

Sulkhana, S. I., Niam, F.-, & Saifudin, A.-. (2022). Pengembangan Media DAKOTAR (Dakon Matematika Pintar) Materi Satuan Panjang dan Satuan Berat untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas IV di SDN Gogodeso 01. Patria Eduacational Journal (PEJ), 2(2), 7–12. https://doi.org/10.28926/pej.v2i2.376


Refbacks

  • There are currently no refbacks.